Headline News

header-int

Petani Mengeluh: Hasil Melimpah, Pasar Tidak Tersedia

, 21 September 2013, 20:38:00 WIB - 287 | Kontributor :

Painan,September--Kabupaten Pessel komoditi jagung merupakan salah satu produk tanaman pangan unggulan setelah padi ,Bahkan Pessel adalah daerah penyangan bagi daerah lain di Sumbar. Produksinya setiap tahunnya hampir mencapai 100 ton/tahun .

Peningkatan hasil ini juga didukung oleh semakin banyak masyarakat beralihnya mengolah lahan sawah tadah hujan untuk bertanam jagung. Sehingga hasil yang diperoleh masyarakat melimpah dan menimbulkan permasalahan pemasaran yang sulit.

Seperti yang dihalami oleh petani di Kenagarian Batu Hampar, Kenagarian Barung Barung Belantai Kecamatan Koto XI Tarusan. Setelah panen jagung mereka mengalami kesulitan untuk memasarkan hasil pertaniannya. Kebanyakan hasil panen dijual oleh mereka dengan cara merebus dan dijual kepada warga tentu hasil yang didapatnya tidak terlalu besar.

Seperti yang diungkapkan Maulana (38) salah seorang petani Di Kenagarian Barung Barung Belantai menurutnya hasil dari penanaman jagung cukup memuaskan. tapi hanya saja. Setelah masa panen datang, kebingungan untuk memasarkannya.

" Hasilnya panennya cukup memuaskan.namun tidak tahu mau dijual kemana,untuk mengsiasati agar jagung tidak busuk terpaksa direbus dan dijual pertongkolnya," ujarnya

Dimana masyarakat yang bertanam jagung didaerahnya sangat banyak dan hasilnya saat kini sangat melimpah, "Sekarang untuk menjual peminatnya yang kurang, sekarang tanaman jagung dibiarkan tua (tidak dipanen) kerena tidak tahu pemasaran," ujarnya

Ditambahkannya, para pembeli yang datang dari Padang memang sempat datang namun harga yang diberikan kepada petani sangat murah sekitar Rp700,- hingga Rp 900,- /tongkol dan kedatangan mereka tidak kontiniu akibatnya banyak hasil panen masyarakat dibiarkan membusuk atau hanya di rebus dan dijual perbutir.

Sementara Kabid Tanaman Pangan Tanaman Pangan Dan Holtikultura,Peternakan Dan Perkebunan Kabupaten Pesisir Selatan,
Widyawati sangat disayangkan atas kondisi yang dialami oleh petani jagung tersebut.

"Kami akan mencari solusinya, agar Tanaman jagung yang ditanam oleh petani segera terjual. Walau Tanaman yang Jagung Manis dibutir oleh petani, tapi masih bisa dijual untuk makanan ternak, secepat mungkin kita carikan pembelinya, agar masyarakat petani tidak rugi. "katanya.(07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube