Headline News

header-int

Petani Temukan Olahan Gambir Campur Zat Lain

, 17 Desember 2010, 09:05:00 WIB - 653 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan, Desember----

Petani komiditi gambir di Surantih Kecamatan Sutera menemukan olahan gambir yang dicampur zat lain sehingga menyebabkan anjloknya harga gambir sepekan terakhir ini.

"Kita mendapat laporan dari pedagang pengumpul bahwa ditemukan olahan gambir bercampur zat lain sehingga kualitasnya menjadi kurang baik," kata petani gambir Surantih, Imal 38, Jum'at (17/12).

Penjelasan pedagang ini, kontan saja membuat para pedagang mengalami krisis kepercayaan terhadap petani di daerah ini, sehingga berdampak terhadap anjloknya harga sebagai mana yang terjadi sekarang.

"Temuan campuran gambir dengan zat lain berupa tanah dan lainya itu, ditemukan satu pekan lalu saat membeli gambir dari petani, karena mengalami kerugian yang besar," ungkapnya.

Di samping itu, ia sangat menyayangkan perilaku oknum yang hanya memikirkan keuntungan sasaat itu, karena dampak yang ditimbulkan dari ulah perilaku yang tidak terpuji membuat kepercayaan pedagang terhadap mutu gambir hilang dan hargapun menjadi turun.

Sementara, salah seorang pedagang, RK yang tidak mau namanya ditulis menyebutkan mutu dan kualitas yang baik akan bisa meningkatkan harga penjualan di tingkat petani kepada pedagang.

Jika mutu itu jelek dan kurang baik, otomatis harganya akan turun, apa lagi sampai ditemukan ada campuran zat lain pada pasta getah gambir yang sudah diolah itu.

"Makanya untuk membeli gambir, pedagang harus jeli, sebab bila ditemukan gambir yang bermutu jelek, apa lagi sampai ada campuran zat lain, yang dialami bukan rugi akibat tekanan harga saja, tapi juga berdampak terhadap gambir yang sudah dikumpul itu tidak bisa dijual lagi kepada pedagang lebih besar di kota Padang," jelasnya.

Sementara, berdasarkan data Dinas Hutbun Pessel saat ini tercatat luas lahan gambir yang tergarap 6.013 hektar, sedangkan potensi yang bisa dikembangkan masih ada seluas 887 hektar lagi. Sedangkan dari potensi yang ada telah berdiri pula dua pabrik pengolahan pasta gambir yang terdapat di Kecamatan(04

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube