Headline News

header-int

Petugas Kantor UKL Kecamatan Rahul Lakukan Coklit Data Penduduk di Nagari Sungai Pinang Tapan

Kamis, 10 Oktober 2019, 12:12:50 WIB - 252 | Kontributor : Marlison
Petugas Kantor UKL Kecamatan Rahul Lakukan Coklit Data Penduduk di Nagari Sungai Pinang Tapan

Pesisir Selatan -Petugas Kantor Unit Kerja Layanan (UKL) Kecamatan Ranah Ampek Hulu (Rahul) turun ke lapangan melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data masyarakat yang belum merekam KTP elektronik di Nagari Sungai Pinang Tapan, Kamis (10/10).

"Kegiatan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Kependudukan tersebut diutamakan kepada penduduk wajib KTP, namun belum melakukan perekaman KTP-elektronik. Hal itu selalu menjadi perhatian khusus seluruh jajaran Unit Kerja Layanan (UKL) Kecamatan," ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pesisir Selatan, Evafauza Yuliasman Dt. MA Tigo Lareh, SE, M.Si, Kamis (10/10).

Menurut Evafauza Yuliasman Dt. MA Tigo Lareh, SE, M.Si, kegiatan Coklit data masyarakat yang belum merekam KTP elekronik terus dilakukan oleh seluruh Kantor UKL yang ada di seluruh kecamatan.

"Kepada petugas diharapkan langsung mengambil tindakan setelah memberikan pengertian kepada pihak keluarga, lalu mengajak untuk melakukan perekaman data KTP-elektronik di Kantor Unit Kerja Layanan," katanya.

Ia menambahkan, selama ini warga beranggapan bahwa penduduk dengan kondisi tertentu tidak memerlukan dokumen kependudukan.

Sementara  bagi penduduk dengan kondisi tertentu memang dikategorikan kedalam penduduk rentan adminduk selain penduduk terlantar, pengungsi dan kondisi khusus penduduk lainnya.

Akan tetapi, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan bahwa negara berkewajiban dalam memberikan perlindungan kepada setiap warga negara terhadap pengakuan status pribadi dan status hukum atas setiap peristiwa penting kependudukan baik di dalam ataupun di luar negeri dengan tidak membeda-bedakan atau diskriminatif terhadap seluruh warga negara, ucapnya. (03)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube