Headline News

header-int

PKPS Memiliki Potensi untuk Memberikan Kontribusi Bagi Kampung Halaman

Senin, 29 Juni 2020, 07:42:29 WIB - 107 | Kontributor : Riva Endra, S.Kom
PKPS Memiliki Potensi untuk Memberikan Kontribusi Bagi Kampung Halaman

Pesisir Selatan, - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan menyadari bahwa Persatuan Keluarga Pesisir Selatan (PKPS) memiliki potensi yang sangat besar untuk memberikan kontribusi dalam kemajuan kampung halaman.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Pesisir Selatan H. Hendrajoni, SH, M.H ketika memberikan sambutan pada acara silahturahmi dan dialog Virtual PKPS, Minggu (28/06) bertempat di ruangan Vidcom PCC mengatakan PKPS mempunyai peran penting dalam pembangunan daerah.

“Kita melihat kepedulian terhadap Kabupaten Pesisir Selatan dan alam demokrasi telah membuat PKPS memiliki peran membawa putra-putra terbaik Pesisir Selatan berkiprah dalam pemerintahan, baik itu menjadi Bupati, Wakil Gubernur, ataupun berkiprah di DPD RI. Kami sebagai salah satu warga PKPS turut bangga dengan kepercayaan yang diberikan ini,” jelasnya.

Dilanjutkannya, beberapa waktu kedepan kita akan menyelenggarakan pesta demokrasi, untuk memilih bupati Pesisir Selatan maupun memilih gubernur Sumatera Barat, kami mengajak agar kita semua kembali bersatu, bahu membahu untuk membangun daerah kita, perbedaan yang ada merupakan hal yang biasa di alam demokrasi ini. setiap pilihan yang diambil menjadi konsekuensi yang harus dipikul

“Pembangunan daerah membutuhkan sinergitas antara daerah dan provinsi bahkan pusat, serta seluruh elemen yang ada, demi amanah yang diberikan rakyat Pesisir Selatan dan cita-cita kita bersama mewujudkan Pesisir Selatan yang mandiri unggul agamais dan sejahtera”, ungkapnya

Pada kesempatan itu Hendrajoni juga menjabarkan penerapan program strategis yang menjadi prioritas pembangunan di Pesisir Selatan.

“Kita telah mendongkrak pembangunan lebih kurang 26 pasar semi modern yang tersebar di 15 kecamatan yang ada di Pesisir Selatan untuk mendukung arus ekonomi berjalan lancar, pembangunan gedung Dinas Pendidikan, wisma atlit, gedung pertemuan Painan Convention Center (PCC) selanjutnya pembangunan RSUD Pratama Tapan yang sudah beroperasi,” jelasnya.

Kemudian Pelebaran jalan Painan-Tapan, rehabilitasi jalan jalur dua Salido-Sago, Pembangunan jalan kawasan Mandeh yang menjadikan Pesisir Selatan menjadi daerah kunjungan wisata terbanyak, selanjutnya .Pembangunan jalan Bayang-Alahan Panjang Solok yang terus dikebut.

Pembangunan puskesmas yang sudah terakreditasi di setiap kecamatan, yang sebagian besar pasiennya sudah bisa rawat inap sehingga tidak perlu dirujuk ke RSUD. M.Zein Painan, peningkatan sarana prasana sekolah seperti mebeuler dan pembinaan yang dilakukan oleh seluruh Perangkat Daerah di pesisir selatan dan pengembangan kawasan wisata seperti pantai Tan Srindano dan pantai Sago yang didanai oleh 11 SCR BUMN dan pemberian 150 alsintan bagi petani.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyebutkan pembangunan yang sedang jalan diantaranya pembangunan Mesjid di pantai Carocok, sebagai upaya kita agar pariwisata syariah dan halal bisa diterapkan, pembangunan kantor perwakilan di Tapan yang juga sudah pada tahap penyelesaian sehingga masyarakat tidak perlu lagi ke Painan untuk mendapatkan pelayanan dari pemerintah serta saat ini Pesisir Selatan sudah berada di urutan ke-6 se Sumatera Barat dalam di bidang pendidikan, dan itu akan terus ditingkatkan agar SDM Pesisir Selatan terus meningkat seiring waktu.

Begitu juga dengan peningkatkan disiplin dan pelayanan ASN kepada masyarakat juga semakin baik, melalui pendidikan dan pelatihan, perbaikan penghasilan dan pemilihan pejabat eselon yang diseleksi secara profesional dan terukur termasuk PDAM tirta langkisau juga didorong agar memiliki pelayanan yang lebih baik.

Belum lagi program pembangunan kesejahteraan sosial yang terus digalangkan meliputi penerapan inovasi pelayanan kependudukan antara Dinas Capil di RSUD. M. Zein Painan dan BPJS, sehingga terbaik di Indonesia, termasuk telah membangun dan merehab rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 5965 unit dari 6387 RTLH, Insyaallah tahun ini selesai semuanya serta program pemasangan instalasi listrik gratis untuk 1000 rumah.

Kemudian program bantuan pakaian sekolah dan beasiswa lewat BAZNAS, pembangunan rumah susun bagi ASN dan rumah nelayan, bantuan untuk para penyandang disabilitas, operasi bibir sumbing dan katarak, bersama-sama Perangkat Daerah terkait dan menyelenggarakan operasi pasar di setiap kecamatan.

Tidak ketinggalan, Bupati juga memuji dan memberikan apresiasi kepada sang Istri Lisda Hendrajoni yang juga ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Selatan yang turut membantu dan mendukung tugas untuk mensejahterakan masyarakat Pesisir Selatan.

“Beliau berkiprah dengan mencarikan donatur untuk anak kemenakan kita ini. dan Alhamdulillah berkat doa dan dukungan kita semua, beliau diamanatkan menjadi salah satu wakil masyarkat kita di DPR RI,” pujinya.

Inilah bentuk penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Pesisir Selatan hingga saat ini, partisipasi perantau dalam memberikan kritikan, saran dan masukan sangat kita harapkan.

“Kami mengajak kepada seluruh perantau yang tergabung dalam PKPS untuk bersama-sama ikut mensejahterakan saudara-saudara kita di kampung, karena pada akhirnya kampung halaman lah tempat kita kembali,” tutupnya

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube