Headline News

header-int

Pokdarwis Pessel Belajar Ke Desa Wisata Kubu Gadang

Selasa, 07 September 2021, 14:51:29 WIB - 311 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Pokdarwis Pessel Belajar Ke Desa Wisata Kubu Gadang

Pesisir Selatan --- Sebanyak 40 orang anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dari 11 desa wisata mendapatkan pelatihan tentang pengelolaan desa wisata di Kubu Gadang Kota Padang Panjang selama 3 hari Selasa - Kamis (7 s/d 9/9). 

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan Hadi Susilo menjelaskan  untuk pengelolaan desa wisata, partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan. 

"Sebagai pelaku wisata, masyarakat harus terlibat langsung dan kami berharap peserta pelatihan dapat menerapkan ilmunya untuk mengembangkan destinasi wisata di desanya masing-masing,” ujarnya

Mengungkapkan  dana desa yang diberikan pemerintah bisa untuk membangun destinasi wisata. Setiap nagari bisa membuat pusat kuliner atau tempat yang bisa memantik perhatian wisatawan.Dimana membuat desa wisata tidak sulit. Dengan adanya dana desa, pemerintah nagari bisa menganggarkan dana tersebut untuk menggali potensi wisata yang ada di daerahnya masing-masing sesuai kearifan lokal yang tumbuh di masyarakatnya.Setiap desa pasti memiliki keunggulan, baik dari segi sumber daya alam ataupun sumber daya manusianya.

 "Menciptakan desa wisata itu gampang. Yang paling penting ada brand image-nya, buat event yang rutin dan buat kompetisi-kompetisi sehingga orang sering datang. Dengan adanya desa wisata kebudayaan masyarakat bisa lebih berkembang. Sanggar-sanggar budaya  bisa terus hidup dan berkembang," katanya 

Mengatakan, pembangunan desa wisata akan bermanfaat untuk mengurangi jumlah pengangguran. Menurut dia, pariwisata adalah salah satu sektor yang dapat menyerap tenaga kerja paling cepat . "Karena masih cukup lama untuk bisa menciptakan sektor industri di desa. Kita semua tahu, 60 persen dari penduduk di desa pendidikannya hanya SD dan SMP. Jadi yang paling cepat untuk menyerap tenaga kerja adalah sektor pariwisata," katanya.

Menurutnya, satu destinasi wisata diharapkan dapat mempekerjakan beberapa orang tenaga kerja yang berasal dari masyarakat . Ia mencontohkan, pembuatan kafe-kafe bernuansa alam bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan. 

Ditambahkan dipilihnya Desa Wisata Kubu Gadang menjadi lokasi pelatihan dengan harapan bisa mencontoh keberhasilan desa wisata Kubu Gadang. 

Sementara itu kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pariwisata Kota Padang Panjang, Maiheran mengungkapkan apresiasi kedatangan pokdarwis Pesisir Selatan.Semoga pertemuan ini bisa slaing berbagi imformasi untuk kemajuan pariwisata.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube