Headline News

header-int

Pokdarwis Pessel Ikut Jambore Desa Wisata

Selasa, 21 Desember 2021, 14:34:53 WIB - 292 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Pokdarwis Pessel Ikut Jambore Desa Wisata

Pesisir Selatan  -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga  menyelenggarakan Jambore Desa Wisata Selasa -Rabu (21-22/12) di Desa Wisata Salido Saribulan. Dimana pesertanya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis )se Kabupaten Pessel. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pessel Suhendri Selasa (21/12)mengungkapkan  Pokdarwis yang menjadi peserta jambore ini agar bisa  memanfaatkan kegiatan ini sebagai ajang untuk berbagi ilmu dan pengamalan dengan Pokdarwis lainnya serta sebagai ajang silahturahmi.

Menyatakan Pokdarwis merupakan salah satu elemen yang terpenting dalam partisipasi peningkatan SDM agar dapat membantu pembangunan pariwisata di masing - masing daerah Pokdarwis. 

Menurutnya, Jambore Pokdarwis bukan ajang untuk menjadi juara melainkan ajang untuk bersilahturahmi dan saling memberikan informasi. Dalam pembangunan pariwisata, tidak hanya unsur 3A saja, tetapi juga membutuhka komitmen, kerjasama dan kolaborasi antara masyarakat, pemerintah dan stakeholder pariwisata. 

"Kita berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan baik dan bisa berpartisipasi membangkitkan semangat dalam membangun pariwisata karena kegiatan ini sangat penting dalam upaya peningkatan pembangunan pariwisata di masing - masing daerah Pokdarwis,"ujarnya

Ditambahkan untuk mengembangkan itu Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), pada tahun 2022  mendapatkan alokasi dana sebesar Rp 13,3 miliar. Anggaran sebesar itu bersumber dari pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Melalui ketersediaan dana itu nanti, maka secara bertahap Pesisir Selatan akan melakukan pembenahan, dan pembangunan desa wisata melalui berbagai infrastruktur penunjang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang disediakan,"ujar  Suhendri lanjut

Menjelaskan banyak cara yang bisa dilakukan dalam mengembangkan potensi pariwisata yang ada di daerah itu. Apalagi beberapa objek wisata yang diunggulkan, telah menjadikan Pessel sebagai magnet tujuan wisatawan dari berbagai daerah baik di Sumbar, maupun dari berbagai provinsi lainnya.

"Sebab di daerah ini hampir semua nagari memiliki potensi wisata yang bisa dikembangkan. Melalui pengembangan itu, maka daya tarik pengunjung untuk lebih banyak lagi datang ke Pesisir Selatan bisa tercapai. Karena pengunjung akan memiliki banyak pilihan nantinya," harapnya

Dikatakan ada beberapa konsep yang akan dikembangkan untuk kemajuan sektor pariwisata di daerah itu. Diantaranya, melakukan pengembangan desa wisata, pembangunan dan penataan Infrastruktur di kawasan obyek wisata dan pengembangan potensi wisata berskala besar(07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube