Headline News

header-int

Polres Pessel lakukan 3 Upaya Strategis Dalam Mengamankan Pilkada

, 15 April 2010, 00:00:00 WIB - 629 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan, ---

 

Guna mengantisipasi, mengeleminasi potensi konflik atau kerawanan yang mungkin akan terjadi pada pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) tahun 2010, Polisi Resort (Polres) Pessel telah dan akan melakukan 3 upaya atau langkah-langkah strategi yakni prentif, preventif dan refresif (penegakan hukum), agar tidak muncul menjadi gangguan Ketertiban dan Keamanan Masyarakat (Kamtibmas) pada pelaksanaan Pilkada.

 

Hal itu dikatakan Kepala Polisi Resort (Kapolres) Pessel, AKBP Rosmita Rustam kepada pesisirselatan.go.id di Painan kemaren. Upaya tersebut dilakukan sebelumnya dengan memperhatikan berbagai konflik atau kerawanan yang mungkin akan terjadi dalam pelaksanaan Pemilukada.

 

Berdasarkan hasil dari deteksi, identifikasi, analisa, serta prediksi potensi konflik, maka dalam hal mengamankan pada setiap tahapan pelaksanaan Pemilukada di Kabupaten itu, Polres Pessel akan dan mengerahkan Personil Polri dan Linmas sesuai kebutuhan. Tahapan pendaftaran pemilih dikerahkan personil Polri sebanyak 100 personil, pendaftaran dan verifikasi 100 personil, kampanye 326 personil, masa tenang 163 personil pemungutan suara 513 personil tambah Linmas 2.176 personil dan BKO Polda 100 personil, penghitungan dan penetapan hasil 163 personil, pelantikan sumpah dan janji sebanyak 300 personil.

 

Jumlah personil Polri yang dikerahkan disetiap tahapan itu dapat berubah tergantung perkembangan situasi dan ancaman gangguan Kamtibmas dilapangan saat pelaksanaan tahapan Pemilukada.

 

Dalam rangka pengamanan pelaksanaan Pemilukada ini juga, Polres Pessel juga melaksanakan Operasi Kepolisian dengan sandi "Opera Mantab Praja 2010". Tugas pokoknya adalah mengamankan setiap proses pelaksanaan tahapan Pemilukada, dengan mengedepankan kegiatan prentif dan preventif yang didukung kegiatan deteksi / intelijen dan kegiatan penegak hukum, sehingga terwujud situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Pessel. (04)  

 

  

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube