Headline News

header-int

Pustaka Harus di Kemas Menjadi Tempat Favorit

Rabu, 18 Sep 2019, 19:06:06 WIB - 32 | Kontributor : Elfi Mahyuni, SH
Pustaka Harus di Kemas Menjadi Tempat Favorit

Pesisir Selatan --Perpustakaan daerah yang dikelola Badan Perpustakaan dan Arsip hendaknya dikemas menjadi tempat favorit bagi pelajar dan mahasiswa.

Keberadaan perpustakaan yang nyaman dan menarik hati pengunjung menjadi salah satu kunci menarik minat masyarakat membaca disamping koleksi buku-buku yang disediakan.

Kepala Badan Pustaka dan Arsip Pessel Mawardi Selasa(17/9) mengungkapkan Minat baca generasi muda sekarang ini rendah sehingga pustaka sepi dan kurang diminati untuk dikunjungi.

Padahal dengan membaca, pandangan menjadi terbuka terhadap hal-hal baru yang tidak di ketahui sebelumnya. 

"Kita perlu mencontoh bagaimana perpustakaan diberbagai daerah di Indonesia yang memang dikelola dengan tujuan agar masyarakat nyaman untuk datang dan berkunjung," ujarnya .

Mawardi berharap kedepan perpustakaan perlu dikelola dengan pendekatan pelayanan yang memungkinkan masyarakat betah untuk datang dan berkunjung.

"Fasilitas yang baik, ruang baca yang menyenangkan, tentu menjadi prasyarat perpustakaan akan menjadi tempat favorit untuk disambangi," ulasnya.

Mawardi menilai rendahnya minat baca masyarakat sangat mempengaruhi kualitas bangsa Indonesia, sebab dengan rendahnya minat baca, tidak bisa mengetahui dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi di dunia, di mana pada akhirnya akan berdampak pada ketertinggalan. Oleh karena itu, untuk dapat mengejar kemajuan yang telah dicapai oleh negara-negara tetangga, perlu menumbuh kan  minat baca sejak dini.

Menegaskan, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan pelayanan sehingga minat baca masyarakat dari waktu ke waktu terus tumbuh dan meningkat.

Menurutnya mencerdaskan masyarakat di era yang sekarang serba canggih dan penuh dengan elektronik ini,perlu terus melakukan berbagai upaya melalui program-program. Salah satunya dengan meningkatkan minat baca bagi masyarakat.

Untuk meningkatkan minat baca tersebut, Fungsi perpustakaan mulai dari tingkat kabupaten maupun sekolah sekolah harus dihidupkan kembali . Keberadaan pustaka jelas sangat berdampak baik bagi minat baca masyarakat. Khususnya bagi kalangan anak-anak atau pelajar. Sebab, mereka tak perlu lagi harus jauh-jauh mencari buku di pusat perbelanjaan dan mengeluarkan modal orang tua mereka.(07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube