Headline News

header-int

Rest Area Dibangun di Kawasan Mandeh

Kamis, 16 Januari 2020, 12:41:18 WIB - 628 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Rest Area Dibangun di Kawasan Mandeh

Pesisir Selatan--Direncanakan pada tahun 2020 ini akan dibangun tiga lokasi rest area di Kawasan Mandeh. Pembangunan ini untuk memanjakan wisatawan menikmati keindahan Kawasan Mandeh, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan. Tiga lokasi yang akan dibangun rest area nantinya, diantaranya di bawah Puncak Paku, Puncak Langgani dan Pantai Paku Sei Nyalo Mudiak Aia. 

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel hadi Susilo Rabu (15/1) mengungkapkan pembangunan rest area ini diprioritas, karena sepanjang jalan mandeh ramai dikunjungi wisatawan namun belum ada tempat yang memadai bagi wisatawan untuk istirahat sambil menikmati keindahan Mandeh.

 "Nanti direst area ini dibangun sarana dan prasarana pendukung diantaranya tempat shalat,WC, warung dan sarana pendukung lainnya ,dan sebagaian akandibangun dengan alokasi dana CSR seperti yang sedang dilaksanakan oleh BRI sekarang ini," ujarnya 

Dijelaskannya sekarang ini proses pembebasan lahan sedang dikaji dan diupayakan. Sebagian pemilik lahan telah setuju untuk digunakan lahannya sebagai lokasi rest area."Nanti jika pemilik lahan semuanya setuju maka akan dilakukan pembebasan lahan dengan perhitungan aprisal. Semoga rencana pembangunan rest area ini bisa segera direalisasi,"ujarnya .

Sementara itu Rencana pembangunan Rest Area di Puncak Bukit Paku Kenagarian Sei Nyalo Kecamatan Koto XI Tarusan masih diupayakan realisasi pembangunannya . Masyarakat sangat berharap pembangunannya dapat segera dilakukan, karena akan membawa dampak baik bagi kunjungan wisatawan ke Pessel khususnya Kawasan Mandeh.

Mengatakan rencana pembangunan itu adalah suatu upaya untuk lebih mengembangkan kemolekan wisata pesisir selatan yang menjadi unggulan sebagai destinasi wisata nasional di Sumatera Barat."Dengan adanya rest area, tentu akan lebih bagus. Dan akan membuat pengunjung lebih senang dan nyaman" jelasnya

Menyebutkan Rest Area itu dibangun menggandeng kerjasama dengan PT Semen Padang. Pembangunan  Rest Area, di Puncak Paku, tempat pertama kali Presiden RI Jokowi berdiri menyatakan keindahan Pessel dan ini akan memberikan banyak manfaat dalam persinggahan peristirahatan pengunjung.

 " Jika pembangunanya sudah terwujud, kita sangat yakin area wisata di Pesisir Selatan khususnya Mandeh dan sekitar tidak kalah indah dengan beberapa wisata yang ada di luar negeri. Pasti nanti luar biasa" terangnya  

 Justru itu, Hadi berharap semua elemen terkait dapat bersinergi mendorong pembangunan kemajuan pessel, karena tanpa dukungan.Pemerintahan Pusat selalu memberikan dukungan positif untuk kemajuan dunia pariwisata di Pesisir Selatan, sebab memang kordinasi selalu terjalin dengan baik.(07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube