Headline News

header-int

Rilis Data Statistik Dipercepat

Kamis, 06 Februari 2020, 12:23:04 WIB - 103 | Kontributor : Riva Endra, S.Kom
Rilis Data Statistik Dipercepat

PESISIR SELATAN, - Dalam rangka percepatan ketersediaan data dalam menyonsong perencanaan pembangunan sebagaimana Surat Dirjen Bangda Nomor 046/303/Bangda tentang Percepatan data indikator Statistik Sektoral Utama ungkap Kepala Kepala Bidang Layanan Komunikasi dan Informatika Oni Fajar Syahdi, MMA dalam sambutannya mengungkapkan percepatan tersebut dilakukan untuk menyonsong ketersediaan data untuk mendukung rencana pembangunan.

“Rilis data statistik sudah harus dilakukan pada tanggal 28 februari, data tersebut harus memenuhi kondisi yang ideal yang memiliki alur dan tatakelola data yang baik sesuai dengan sistem statistik nasional, berintegrasi dan bekualitas tinggi disertai metadata, sedangkan bagi produsen data juga harus menggunakan standar konsep, definisi, klasifikasi satuan dan asumsi yang sama,” katanya.

Dilanjutkannya data sektoral yang dikumpulkan sesuai dengan kewenangan diskominfo selaku Walidata sebagaimana diamanatkan pepres Satu Data Indonesia.

“Data yang dikumpulkan berasal dari rekapitulasi data Kompilasi Produk Administrasi dan hasil survei Perangkat Daerah Kab/ se Sumbar,” Jelasnya.

Pada kesempat itu Diskominfo Prov. Sumbar juga menghadirkan BPS Prov. Sumbar untuk mendukung pelaksanaan Rekonsiliasi Data Stastistik Sektoral Kab/ Kota.

“BPS kita libatkan untuk melaksanakan rekonsiliasi ini, sebagaimana diketahui BPS merupakan Pembina Data, “ Tekuknya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pessel Junaidi, S. Kom, ME mengatakan rekonsiliasi merupakan salah satu cara untuk memperoleh persepsi kesamaan data prov. Sumbar.

“Sebagaimana diketahui data sektoral pemda Prov. Sumbar itu berasal dari data Sektoral Kab/ Kota,” Katanya.

Ia menambahkan data sektoral dari Diskominfo Pessel yang kita usulkan kepada Diskominfo Prov. Sumbar sebanyak 28 data.

“Kita usulkan berapa jumlah website, jumlah domain, jumlah sub domain, jumlah KIM, jumlah Metra, jumlah PPI Pembantu, Stasiun Radio daerah dan Stasiun TV, Jumlah media online, jumlah media informasi luar ruangan, jumlah diseminasi informasi, jumlah DIP, jumlah DIP khusus, jumlah lanyanan permintaan informasi publik, jumlah sengketa informasi, jumlah aplikasi, jumlah aplikasi terintegrasi, jumlah pengembangan aplikasi, jumlah BTS, jumlah daerah blank spot dan lain-lain, “ jelasnya.

Pada kesempatan tersebut Junaidi juga melakukan pembicaraan menggunakan teleconference Diskomifo Prov. Sumbar dengan kepala Bidang E-govermen Diskominfo Pessel yang didampingi Kepala Diskomifo Sumbar.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube