Headline News

header-int

Rp1,1 M Untuk Penguatan Ekonomi Nelayan

, 31 Maret 2011, 02:53:00 WIB - 398 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan, Maret----

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pesisir Selatan pada tahun ini melalui bantuan pusat akan menyalurkan Rp1,1 Miliar untuk penguatan ekonomi masyarakat pada kelompok nelayan "Penguatan ekonomi masyarakat nelayan yang tergabung pada 11 kelompok dengan penerimaan ini akan mendapat masing-masing Rp100 juta," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pessel, Edwil, Kamis (31/3)

Bantuan yang direncanakan paling lambat kucur pertengahan April ini, akan mendapat pengawasan dan monitoring dari pihak terkait agar bantuan tepat sasaran sesuai kebutuhan dan usulan yang diajukan oleh masing-masing kelompok itu dengan jumlah anggota minimal 10 kepala keluarga (KK), katanya menambahkan.

"Kini DKP sedang melakukan verifikasi kelompok nelayan yang akan menerima dana manfaat ini. Diantaranya, kelompok nelayan Api Api Bayang, Karang Pauh Bayang, Sei. Nipah Batang Kapas, Koto Raya Kambang, Karang Tangah Kambang, Pasar Kambang, Sumedang 1 dan 2 di Ranah Pesisir, Pasir Gantiang dan Aia Uba Pancung Soal," paparnya.

Dengan dikucurkanya bantuan tersebut, diharapkan dapat memberikan manfaat pada masing-masing anggota kelompok sesuai kebutuhan dan potensi yang bisa bermanfaat untuk pengembangan usaha seperti alat tangkap, kebutuhan melaut dan lainnya.

Sebelumnya, keterbatasan sarana dan prasarana alat tangkap merupakan persoalan pokok yang masih dalami oleh masyarakat nelayan di kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Kondisi ini merupakan keluhan yang selalu disampaikan secara umum oleh masyarakat nelayan di daerah itu. Sehingga dari 19.600 KK yang menggeluti bidang ini, rata-rata kehidupanya masih berada pada garis kemiskinan.

Harapan untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah maupun pihak lainnya,tetap menjadi tumpuan mereka semua. Makanya secara bertahap pemerintah daerah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) berupaya agar keluhan dan harapan itu bisa tercapai.(02

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube