Headline News

header-int

RSUD Dr.Muhammad Zein Painan Serius Ciptakan Kawasan Tanpa Rokok

Selasa, 10 Desember 2019, 09:23:08 WIB - 74 | Kontributor : Marlison
RSUD Dr.Muhammad Zein Painan Serius Ciptakan Kawasan Tanpa Rokok

Pesisir Selatan-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr.Muhammad Zein Painan serius menciptakan Kawasan Tanpa Rokok di RSUD Dr. Muhammad Zein Painan. "Hal itu dibuktikan dengan terbitnya Surat Keputusan Direktur tentang Kebijakan Larangan Merokok di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Muhammad Zein Painan No.820/158/RSUD-2019," ungkap Direktur RSUD Dr.Muhammad Zein Painan, dr. Sutarman, M.M, Selasa (10/12).

Lebih lanjut dikatakan, berdasarkan Instruksi Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 84/Menkes/Menkes/Inst/2002, tentang Kawasan Tanpa Rokok di Tempat Bekerja dan Sarana Kesehatan dan langkah nyata dari Peraturan Bupati Pesisir Selatan Nomor 45 Tahun 2013 Tentang Kawasan Tanpa Rokok.

Disebutkan, untuk dapat menerapkan kebijakan tersebut, harus dimulai dari dalam/ karyawan rumah sakit itu sendiri, untuk dapat memberi contoh kepada masyarakat, pengunjung dan pasien. Dalam point kebijakan tersebut jelas disebutkan sanksi baik bagi karyawan maupun pengunjung/pasien yang melanggar.

Dijelaskan, sanksi bagi karyawan PNS yang kedapatan merokok di kawasan rumah sakit berupa teguran tertulis I, terguran terulis II dan pernyataan tidak puas dari pimpinan dan pengembalian pada BKPSDM.

Bagi karyawan BLUD yang kedapatan merokok, maka akan diberi sanksi berupa teguran tertulis I, pemberhentian secara tidak hormat sebagai karyawan BLUD. Selanjutnya, bagi pengunjung yang kedapatan merokok, maka akan didenda sebanyak Rp100 ribu.

"Ya, sanksi bagi karyawan PNS yang kedapatan merokok di kawasan rumah sakit berupa teguran tertulis I, terguran terulis II dan pernyataan tidak puas dari pimpinan dan pengembalian pada BKPSDM. Bagi karyawan BLUD yang kedapatan merokok, maka akan diberi sanksi berupa teguran tertulis I, pemberhentian secara tidak hormat sebagai karyawan BLUD. Selanjutnya, bagi pengunjung yang kedapatan merokok, maka akan didenda sebanyak Rp100 ribu. Mari bersama kita ciptakan lingkungan rumah sakit yang nyaman tanpa asap rokok," pintanya. (03)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube