Headline News

header-int

RSUD Tapan Wakili Sumatera Barat Dalam Penilaian RSUD Pratama Tingkat Nasional

Rabu, 14 Oktober 2020, 10:36:17 WIB - 53 | Kontributor : Marlison
RSUD Tapan Wakili Sumatera Barat Dalam Penilaian RSUD Pratama Tingkat Nasional

Pesisir Selatan-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan mengikuti Zoom Metting  tentang penilaian nominasi RSUD Pratama terbaik yang mewakili Provinsi Sumatera Barat untuk tingkat nasional, Selasa (13/10).

Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Direktur RSUD Tapan, dr.Elfrina Mirna Cupu didampingi Kasubag, Idris Mandaro Sati, Kasi Pelayanan Medis dan Keperawatan, Dori Efriharma, tim dari Rekam Medis dan seluruh staf.

Direktur RSUD Tapan, dr.Elfrina Mirna Cupu usai menghadiri Zoom Metting itu, Selasa (13/10) berharap RSUD Tapan bisa menjadi yang terbaik tingkat nasional dalam penilaian RSUD Pratama tahun ini.

"Ya, RSUD Tapan mewakili Provinsi Sumatera Barat dalam penilaian RSUD Pratama tingkat nasional. Semoga kita mendapat prestasi terbaik dalam penilaian tersebut," ucapnya.

Disamping itu, pihaknya terus berupaya meningkatkan mutu pelayanan, sarana dan prasarana serta SDM tenaga medis dan aparatur rumah sakit.

Ia menjelaskan, rumah sakit yang dipimpinnya juga berusaha mencapai akreditasi. Dimana, akreditasi rumah sakit adalah pengakuan terhadap rumah sakit yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh menteri kesehatan, setelah dinilai bahwa rumah sakit itu memenuhi standar pelayanan rumah sakit yang berlaku untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit secara berkesinambungan (Permenkes No.12 tahun 2012 tentang Akreditasi Rumah Sakit).

Sementara manfaat akreditasi rumah sakit adalah bagi pasien dan masyarakat, antara lain pasien dan masyarakat memperoleh pelayanan sesuai dengan standar yang terukur.

Bagi petugas kesehatan di rumah sakit, antara lain menimbulkan rasa aman dalam melaksanakan tugasnya oleh karena rumah sakit memiliki sarana, prasarana dan peralatan yang telah memenuhi standar.

Bagi rumah sakit, antara lain sebagai alat ukur untuk negosiasi dengan pihak ketiga misalnya asuransi, perusahaan dan lain-lain. Kemudian bagi perusahaan asuransi, antara lain acuan untuk memilih dan mengadakan kontrak dengan rumah sakit.

"Namun hal ini bukanlah hal enteng bagi RSUD Tapan, banyak hal - hal yang harus dipenuhi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan baik itu sarana, prasana maupun SDM. Selanjutnya, RSUD Tapan juga telah mendapatkan sokongan serta arahan dari Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan untuk keberhasilan Akreditasi RSUD Tapan," ulasnya. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube