Headline News

header-int

Rusma Yul Anwar Tinjau Masyarakat Terdampak Banjir di Lumpo

Minggu, 19 September 2021, 15:51:19 WIB - 387 | Kontributor : Nini Aswati, S.H
Rusma Yul Anwar Tinjau Masyarakat Terdampak Banjir di Lumpo

Pesisir Selatan --- Bupati Pesisir Selatan, Drs. Rusma Yul Anwar, M.Pd meninjau masyarakat terdampak banjir di wilayah Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Minggu, (19/9).

Setidaknya ada empat nagari yang ditinjau Bupati saat itu yaitu, Nagari Lumpo, Nagari Taratak Tangah Lumpo, Nagari Ampuan Lumpo dan Nagari Sungai Gayo Lumpo.

Pada kesempatan itu, Bupati Pesisir Selatan tersebut, bersama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan, Herman Budiarto, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas Sosial, PPr dan PA) yang diwakili Kabid Pelindungan Jaminan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Rita Susandra.

Dalam kunjungan tersebut Rusma Yul Anwar selain menyerahkan bantuan juga melakukan dialog dengan masyarakat yang terdampak banjir, terutama berkaitan dengan penyebab banjir dan upaya penanggulangan di masa mendatang.

Sebagaimana diketahui, sejumlah nagari di wilayah Lumpo dilanda banjir pada sore, Sabtu (18/9) akibat meluapnya Batang Lumpo.

Berdasarkan pantauan Pesisirselatankab.go.id, ada 5 nagari yang dilanda banjir yakni, Nagari Lumpo, Nagari Taratak Tangah Lumpo, Nagari Ampuan Lumpo, Nagari Bukik Kaciak Lumpo, dan Nagari Balai Sinayan Lumpo.

Berdasarkan data sementara jumlah rumah yang dilanda banjir sekitar 125 KK, dan 467 jiwa. 

"Saat ini tim tengah melakukan pendataan di lapangan," kata Kepala BPBD Pesisir Selatan, Herman Budiarto.

Sementara itu, Rita Susandra menyampaikan, bantuan akan didisribusikan kepada seluruh masyarakat terdampak setelah data masyarakat terdampak lengkap diterima Dinas Sosial, PPr dan PA. 

"Bantuan yang diserahkan Bupati baru secara simbolis, bantuan secara lengkap baru (akan diserahkan) setelah data lengkap diterima," terang Rita.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube