Headline News

header-int

Sambut Rahmadan Lakukan Balimau Paga

, 20 Juli 2012, 00:00:00 WIB - 458 | Kontributor : Yusril Budidarma, A.Md

Painan,Juli--Dalam rangka memasuki bulan suci Rahmadan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan dan Pemerintah Daerah Kerinci Provinsi Jambi dan Kabupaten Muko Muko Provinsi Bengkulu membaur dalam acara “ Balimau Paga “Kamis ( 19/7 ) lalu.

Lokasi tempat “ Balimau Paga “ yang dihadiri oleh para petinggi pemerintah Daerah Pesisir Selatan itu adalah di Indrapura Kecamatan Pancung Soal yang dihadiri oleh Bupati Nasrul Abit berserta isteri didampingi oleh beperapa orang Kepala Dinas, bahkan juga dihadiri oleh Bupati Kerinci Provinsi Jambi dan Bupatyi Muko Muko Provinsi Bengkulu.

Selanjutnya di Balai Selasa Kecamatan Ran ah Pesisir dihadiri oleh Sekda Ir.Erizon, MT, bersama beberapa orang kepala Dinas dan di Kampung Anakan Nagari Koto Nan Duo, Kecamatan Batangkapas yang dihadiri oleh Wakil Bupati Editiawarman beserta Isteri didampingi oleh Kepala Dinas Sosnakertrans Zefnihan, Kepala Kantor Perizinan Azral dan Kabag Umum Darmadi, Camat Zulkfili, Muspika, ninik mamak, para wali nagari se kecamatan Batangkapas dan tokoh masyarakat setempat.

Kegiatan Balimau Paga acara yang berlangsung menjelang masuknya shalat magrib itu diawali dengan penilaian limau peserta Balimau Paga yang hadir, penyerahan hadiah kepada pemenang dan diakhir acara balimau yang diawali para pejabat tersebut yang dilimaukan oleh bundo kanduang nagari yang bersangkutan dengan limau paga yang telah disiapkan untuk itu.

Di kampung Anakan Nagari Koto Nan Duo Kecamatan Batangkapas, dari 12 orang pengantin yang balimau pagar sore itu setelah dilakukan penilaian oleh tim jui keluar sebagai Juara I limau Paga milik pasangan Ol, juara II limau milik Epis/Mersi dan Juara III jatuh kepada limau pasangan Anton/Inci.

Wakil Bupati Pesisir Selatan Editiawarman dalam pengarahannya mengatakan, Balimau Paga merupakan bagian dari adat yang harus dilestarikan dan dipertahankan agar tidak hilang yang diperngaruhi oleh perkembangan zaman, karena tujuannya adalah untuk membersihkan diri, khusus dalam rangka memasukik bulan suci Ramadhan dengan harapan diri yang bersih dan suci amal ibadah selama ramadan akan di diterima oleh Tuhan.

“ Diutamakan peserta Balimau Paga ini pengantin baru tujuannya adalah agar dengan balimau ini bisa mensucikan diri dengan harapan pengantin yang balimau tersebut bisa terjaling hubungan silaturrahmi nya kususnya suami isteri lebih luas lagi dengan keluarga dan masyarakat, “ katanya.(07)(07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube