Headline News

header-int

Sapi Pesisir dan Itik Bayang ditetapkan Menjadi Ikon Produk Unggulan

Jumat, 13 Maret 2020, 10:53:12 WIB - 144 | Kontributor : Riva Endra, S.Kom
Sapi Pesisir dan Itik Bayang ditetapkan Menjadi Ikon Produk Unggulan

Pesisir Selatan, - Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Efrianto jabarkan calon produk yang akan dijadikan sebagai ikon unggulan Kabupaten Pesisir Selatan kepada Sekretaris Daerah Ir. Erizon, MT di saat menghadiri rapat koordinasi pengembangan produk unggulan, Rabu (11/03) bertempat di ruangan rapat Bupati Pesisir Selatan.

Sebagaimana diketahui Kabupaten Pesisir Selatan memiliki kekayaan alam yang sangat berharga bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mendukung pembangunan didaerah setempat.

“Kabupaten Pesisir Selatan memiliki dua ekor jenis ternak sebagai sumber kekayaan genetik lokal yaitu sapi pesisir dan itik bayang,” jelasnya.

Dilanjutkannya, Penetapan sapi pesisir sebagai plasma nutfah dari Pesisir Selatan diatur dalam Keputusan Menteri Pertanian Nomor 2908/Kpts/OT.140/6/2011 Tentang Penetapan Rumpun Sapi Pesisir.  Sedangkan penetapan itik bayang sebagai plasma nutfah dari Pesisir Selatan diatur dalam Keputusan Menteri Pertanian Nomor 2835/Kpts/LB.430/8/2012 Tentang Penetapan Rumpun Itik Bayang.

“Plasma nutfah sapi pesisir dan itik bayang mempunyai nilai jual yang kompetitif jika dibandigkan dengan jenis ternak lainnya. Telur asin itik bayang berpeluang membuka lapangan kerja baru sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu, dengan mengonsumsi telur asin itik bayang, disinyalir bisa memberantas gizi buruk dan masalah stunting yang mampu meningkatkan kesehatan masyarakat,” tuturnya.

Harapannya semoga program ini bisa diwujudkan melalui pemberdayaan dan pembinaan dari hulu hingga hilirnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Pesisir Selatan Ir. Erizon, MT sangat mendukung penuh penetapan sapi pesisir dan itik bayang sebagai produk ikon unggulan Kabupaten Pesisir Selatan.

“Kami sangat mendukung sekali penetapan telur itik bayang sebagai ikon produk unggulan dari Kabupaten Pesisir Selatan.  Harapan kita semua, kita harus berpikir dan berupaya bagaimana caranya agar telur asin itik bayang ini bisa tembus ke pasaran dalam skala besar dan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat Pesisir Selatan,” tegas Erizon.

Ditambahkannya, perlu dilakukan pendekatan serta pembinaan kepada kelompok budidaya itik bayang untuk mewujudkan rencana ini. 

Pada kesempat itu, mantan camat Air Pura tersebut juga membawa beberapa sampel telur asin untuk dihidangkan dan dicicipi para pesera rapat.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube