Headline News

header-int

Satpol Pol PP Pessel Tingkatkan Patroli Selama Ramadhan

, 30 Mei 2017, 11:08:55 WIB - 161 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H

Painan, Mai 2017--Guna menciptakan rasa aman dan nyaman di lingkungan masyarakat selama menjalankan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), tingkatkan patrolinya.

Patroli dengan menerjunkan tiga regu pasukan itu, sasaranya bukan saja kawasan-kawasan wisata yang dicurigai sebagai lokasi esek-esek, tapi juga warung kelambu (warkel) yang menjajakan makanan dan minuman di siang hari.

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Pessel, Hariyanto mengatakan kepada pesisirselatan.go.id Selasa (30/5) bahwa pihaknya akan berupaya maksimal menciptakan suasana nyaman bagi masyarakat selama bulan Ramadhan di daerah itu.

" Langkah itu dilakukan melalui patroli rutin oleh tiga regu yang selalu disiagakan selama 24 jam, dengan  12 personil setiap regu. Sasaran mereka bukan saja kawasan-kawasan wisata yang dicurigai menjadi lokasi esek-esek. Tapi juga warung kelambu (warkel) yang menyajikan makanan dan minuman di siang hari," katanya.

Dijelaskanya bahwa sebelum razia dilakukan, pihaknya juga sudah terlebih dahulu melakukan sosialisasi, serta juga membuat surat secara resmi kepada masyarakat yang dikirimkan kepada semua camat dan wali nagari.

" Sehingga bila dalam menjalankan tugas dilapangan, tim yang diturunkan menemui ada pelanggaran, maka akan dilakukan tindakan secara tegas,   termasuk juga tindakan terhadap para pelajar atau remaja yang keluyuran di jalan atau tempat wisata lainya, ketika ibadah Tarwih sedang berlangsung," tegasnya.

Lebih jauh dijelaskan bahwa patroli yang bertujuan untuk menciptakan kondisi aman dan tentram di lingkungan masyarakat selama bulan Ramadahan itu,  sudah menjadi kesepakatan bersama antara masyarakat dengan pemerintah.

" Makanya bila ada yang melanggar, petugas tidak akan segan-segan menangkap hingga melakukan proses sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan. kalau ada unsur pidanaya, kita akan menyerahkan pula prosesnya ke pihak penyidik di Mapolres Pessel," tutupnya tegas. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube