Headline News

header-int

Sekda : ASN Diminta Manfaatkan Aplikasi Teknologi Informasi Yang Ada

Rabu, 23 Mei 2018, 10:22:02 WIB - 98 | Kontributor : Marlison

PESISIR SELATAN, Sekretaris Derah Pesisir Selatan, Erizon, Rabu (23/5) di Painan mengatakan, dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, diminta para Aparatur Sipil Negara (ASN) harus berubah, dan juga mampu mengikuti dan mengaplikasikan hal-hal yang bersifat Teknologi Informasi (TI) di lingkungan pemerintahan.

"Jika tidak mampu, maka kita sendiri yang akan tergilas oleh perubahan TI itu sendiri. Oleh karena itu, diminta kepala seluruh ASN di lingkungan Pemkab Pesisir Selatan mampu menggunakan aplikasi TI yang ada," ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, dengan teknologi informasi, hal-hal yang bersifat administratif akan menjadi lebih efisien dan efektif. Kemudian para ASN dituntut lebih kreatif dan inovatif dalam melaksanakan kegiatan dan pelayanan publik baik ditingkat Kabupaten maupun Kecamatan.

Selain itu, ASN harus mampu memainkan perannya serta mempunyai kompetensi yang diaktualisasikan  melalui sikap dan prilakunya yang penuh kesetiaan dan ketaatan kepada Negara, bermoral, bermental baik, profesional, sadar akan tangungjawab sebagai pelayan publik serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Menurutnya, untuk mewujudkan hal itu, maka ASN diberikan pendidikan dan pelatihan (Diklat), salah satunya Diklat Pim Tingkat IV.

"Dalam diklat ini para peserta diberikan kesempatan untuk membuat suatu proye perubahan sesuai dengan bidang tugas mereka nantinya, dan akan berguna bagi instansi mereka," ujarnya

Ia menambahkan, Diklat Pim bukan sekedar untuk memenuhi persyaratan administrasi atau formalitas belaka, namun diharapkan membawa dampak yang riil bagi peningkatan kinerja para pejabat pemerintah melalui penambahan wawasan, pengetahuan dan pembentukan sikap mental sesuai dengan tujuan dari pendidikan dan pelatihan kepemimpinan.

Dimana, kompetensi yang dibangun pada Diklat Pim tingkat IV adalah kompetensi kepemimpinan operasional yaitu kemampuan membuat perencanaan kegiatan instansi dan memimpin implementasi pelaksanaan kegiatan tersebut, ulasnya. (03)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube