Headline News

header-int

Sekdakab Pessel Ir Erizon MT sambut UIN Hidayatullah Jakarta gelar Germas di Nanggalo Tarusan

Selasa, 15 Oktober 2019, 15:05:31 WIB - 12 | Kontributor : M. Joni, S.H
Sekdakab Pessel Ir Erizon MT sambut  UIN Hidayatullah Jakarta  gelar Germas di Nanggalo Tarusan

Painan,15 Okt 2019- Tim Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta bekerjasama dengan Kementrian Kesehatan RI dan Pemda Pessel, menggelar loka karya mini Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( Germas) dengan melibatkan unsur Kemitraan, kegiatan tersebut berlangsung di ruang rapat dinas Bupati Pessel,Senin(14/10)

Bupati Pesssel Hendrajoni di damping Sekda Pessel Ir Erizon MT mengatakan, Loka Karya mini dengan tema strategi duplikasi Germas, selama ini dalam cacatan BPJS Pessel terdapat 2 penyakit masyarakat yaitu, akibat salah pola makan menimbulkan penyakit Gula diobetes,kemudian penyakit Hiventensi akibat makanan, maka sudah seharusnya Aksi Germas merupakan prioritas dalam pembangunan kesehatan masyarakat .

Pemda Pessel terus melalukan gerakan hidup bersih yang terpola dengan baik, diharapkan melalui Germas akan dapat menjadikan lingkungan yang lebih bersih serta dengan budaya yang bagus dari kesehatan, Kepada Tim UIN jakarta dan universitas Baiturahmah Pemda Pessel berterima kasih, terutama telah berupaya mendorong tranformasi budaya yang lebih baik dari pada yang tidak terpola Germas, ulasnya

Ketua Tim UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dr Yuli Amran didamping beberapa anggotanya yaitu,Irma Nurbaeti. Siti Rahmah Hidayatullah Lubis, Milza N Rasad, dalam eksposnya mengatakan, melalui kegiatan Germas diharapkan akan dapat melibatkan berbagai elemet masyarakat yaitu, para tokoh masyarakat, ninik mamak, alim ulama dan Pemda Pessel, media dan perguruan tinggi.

Menurutnya,pelaksanan Germas harus dilakukan secara terpadu, dalam upaya menggerakan masyarakat hidup bersih, terutama sasarannya pada daerah yang tergolong masuk daerah tertinggal, sedangkan untuk daerah Pessel ditunjuk Nagari Nanggalo kecamatan Koto XI Tarusan Pessel sebagai sasaran Germas.

Nagari Nanggalo dijadikan reflika untuk menjalankan program gerakan masyarakat hidup sehat, merubah prilaku buruk seperti, kebiasaan merokok yang jelas dapat merusak kesehatan, kemudian mengajak masyarakat hidup sehat serta mengembangkan masyarakat mampu dapat hidup secara mandiri artinya, masyarakat akan dapat melihat masalah yang ada dilingkungan sendiri serta bisa menyusun kerja yang lebih efektif di masa mendatang

Melalui pendekatan budaya tersebut, gerakan Germas akan masuk dalam lingkungan masyarakat, bahkan akan dapat membudaya di tengah masyarakat, dengan pola kemitraan dan pendekaan budaya tersebut, diharapkan aksi Germas ini akan berlanjut dalam jangka panjang yang berkelanjutan, untuk mewujudkan masyarakat sehat secara mandiri .

Masyarakat tidak saja sebagai objek, namun berperan sebagai sabjek, melalui forum ini perlunya jejaring dalam mengerakan aksi Germas yang tidak saja di nagari Nanggolo Tarusan, namun juga dapat dikembangkan pada daerah lainnya.hal tersebut tidak terlepas peran keikut sertaan peran tokoh masyarakat, media promosi dalam mewujudkan masyarakat sehat .

Kepala Penelitian dan pengabdian Universitas Baiturrahmah DR. Drg Yulirahman mengatakan, universitas Baiturramah Padang siap mendukung progam Pemda Pessel dalam rangka melaksanakan aksi gerakan germas untuk mewujudkan masyarakat hidup sehat di daerah ini (10)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube