Headline News

header-int

Sekretaris Daerah Terima Kunjungan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Kamis, 28 Mei 2020, 13:26:52 WIB - 89 | Kontributor : Marlison
Sekretaris Daerah Terima Kunjungan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Pesisir Selatan, - Bupati Pesisir Selatan, H.Hendrajoni, SH, MH diwakili Sekretaris Daerah, Ir.Erizon, MT menerima kunjungan perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumatera Barat, Kamis (28/5) di kantor bupati setempat.

Sekda Erizon mengatakan, kunjungan BPKP Provinsi Sumatera Barat itu dalam rangka monitoring penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan.

Disebutkan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan memberikan perhatian yang tinggi terhadap percepatan penanganan Covid-19. Hal itu dilakukan melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Upaya yang dilakukan seperti menyiapkan tempat karantina yaitu Rusunawa Nagari Painan Selatan, ruang isolasi di RSUD dr. Muhammad Zein Painan, bantuan beras, BLT, sosialisasi penanganan Covid-19 dan lainnya.

"Dari upaya yang dilakukan telah memberikan dampak yang cukup baik, sehingga penyebaran penularan Covid-19 dapat diminimalisir. Bahkan, jumlah pasien positif Covid-19 melambat beberapa pekan," ucapnya.

Dikatakan, pemkab melalui gugus tugas bergerak cepat melakukan penaganan Covid-19. Begitu ada pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, maka gugus tugas langsung melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan pasien positif Covid-19 tersebut.

"Ya, orang-orang yang pernah kontak dengan pasien postif Covid-19 tadi langsung dikarantina, sehingga penularan wabah tersebut tidak semakin meluas. Kemudian, sosialisasi terhadap masyarakat terkait dengan pencegahan Covid-19 dilakukan secara intensif hingga ke kampung-kampung," ucapnya.

Sekda menambahkan, masyarakat tetap diminta meningkatkan kewaspadaan dan disiplin guna mememutus mata rantai penularan Covid-19. Hal itu dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup bersih dan sehat.

Sementara Kadis Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Zulfian Aprianto mengungkapkan, BPKP Provinsi Sumatera Barat melakukan monitorong terhadap BLT baik yang disalurkan oleh Kemensos RI, provinsi, kabupaten maupan nagari.

"Ya, BPKP Provinsi Sumatera Barat melakukan monitoring BLT pada sejumlah kecamatan seperti Batang Kapas, IV Jurai, Bayang dan lainnya. Kita dari pemkab mendampingi BPKP melakukan monitoring," katanya. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube