Headline News

header-int

Setiap Nagari Miliki Ekowisata, Untuk Meningkatkan SDM

Kamis, 15 Agustus 2019, 22:03:48 WIB - 304 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Setiap Nagari Miliki Ekowisata, Untuk Meningkatkan SDM

Pesisir Selatan Pemerintah Kabupaten Pessel telah membentuk kelompok kelompok wisata baik itu Ekowisata ditiap nagari dan pramuwisata profesional, dengan tujuan agar Sumber Daya Manusia (SDM ) meningkat.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Hadi Susilo Kamis(15/8) mengungkapkan usaha pemerintah untuk mengalakan pariwisata sebagai satu sumber pendapatan daerah harus didukung secara nyata oleh semua pihak yang berkecimpung dalam bidang ini, baik itu pengusaha industri pariwisata, pelaku wisata,masyarakat.

"Dan untuk mengoptimalkan kunjungan wisatawan ke Pessel dibutuhkan sebuah pengemasan komponen komponen wisata dalam paket wisata. Pengemasan lebih mengarah pada pelayanan yang diberikan pramuwisata yang mampu membangun kepuasan kepada wisatawan," ujarnta

Mengungkapkan pelayanan yang prima hanya dapat diberikan oleh pramuwisata yang profesional yaitu mereka yang selalu berorientasi vkepada kepuasan wisatawan. Untuk menjadi seorang pramuwisata yang profesional  selain harus memiliki pengalaman juga harus memiliki kemampuan baik teoritis mamupun teknis dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan pada umumnya, selain itu seorang pramuwisata juga harus memiliki pengetahuan yang didukung oleh kemampuan dan keyakinan diri untuk menghadapi tugas tugas yang rutin.

"Peranan guide ini sangat penting untuk itu pemkab harus selalu melakukan pembinaan dan pemberdayaan  sehingga  masyarakat dapat menikmati pariwisata Pessel secara utuh jangan sampai pihak luar terlalu leluasa ,tingkatkan SDM Lokal sebab itu sejalan dengan program nasional kementrian pariwisata," ujarnya

Menurutnya Pramuwisata harus mempunyai keterampilan dalam berkomunikasi dengan tamu dan menyampaikan informasi yang menarik tentang destinasi wisata, serta mempunyai sikap yang ramah.Promosi pariwisata sudah dilakukan oleh pemerintah baik di dalam dan luar negeri, tinggal keinginan dan usaha dari peserta pelatihan yang siap menghadapi tantangan era pasar bebas dan teknologi, bersaing dengan pramuwisata lainnya di dunia.

Disamping itu dunia promosi dan pelayanan juga menjadi tolak ukur dari suksesnya suatu destinasi wisata, disamping kreatifitas dari penduduk lokal itu sendiri serta memahami sapta pesona dalam kehidupan sehari-hari, ujarnya(07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube