Headline News

header-int

STOK BERAS DIJAMIN CUKUP HINGGA RAMADHAN

, 18 Juni 2012, 00:00:00 WIB - 313 | Kontributor : Yusril Budidarma, A.Md

Painan, Juni --- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menjamin stock dan harga beras konsumsi masyarakat di Kabupaten itu stabil hingga bulan Ramadhan tahun ini.
"Stock beras dijamin cukup hingga Ramadhan tahun ini, begitu juga dengan harga, kita terus memantau dan berupaya untuk tetap stabil, " kata Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh Pesisir Selatan, Hazrita, di Painan,kemarin.
Untuk menjaga ketahanan pangan agar tetap tersedia dan lonjakan harga tidak terjadi akibat stok menipis, pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat berupaya dengan memperbanyak stok dengan melakukan pembelian gabah dari hasil panen petani pada beberapa waktu lalu.
"Setelah dibeli dari petani, gabah disimpan pada lumbung pangan masyarakat (LPM) dan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM) milik pemerintah yang ada di kecamatan, " ujar dia.
Menurut dia, dua penyimpan stok pangan itu diperkirakan mampu menjaga dan mengendalikan ketahanan pangan di kabupaten ini. Maka itu keduanya dipandang perlu dioperasikan secara efektif.
Saat ini Kabupaten itu telah memiliki sepuluh unit LPM dan empat LDMP untuk mengantisipasi kekurangan stok pangan, baik saat terjadinya bencana alam maupun, memasuki masa-masa pergantian musim.
Ke sepuluh LPM itu antara lain, berdiri di Kecamatan Koto XI Tarusan, Bayang, Bayang Utara, IV Jurai, Batangkapas, Sutera, Lengayang, Ranah Pesisir, Linggo Sai Baganti dan Pancung Soal.
Sementara LDMP terletak di tiga kecamatan yakni dua unit di IV Jurai, satu unit masing-masing di Bayang Utara dan Koto XI Tarusan.
Ia mengatakan, Lumbung pangan dan LDPM bermanfaat sebagai penampung hasil panen masyarakat. Terutama sekali akan membantu menahan hasil panen dalam daerah sehingga tidak seluruhnya terjual keluar daerah yang menyebabkan menipisnya stok pangan.
"Dengan berfungsinya secara maksimal ke dua lembaga stok pangan di kabupaten itu maka ketika stok pangan menipis, persediaan pangan masih ada di lembaga tersebut. Begitu juga ketika terjadi lonjakan harga sehingga masyarakat tidak lagi begitu terpengaruh karena stok masih tersedia, " ujar ia.
Data Ketahanan Pangan setempat menunjukan, produksi setara beras kabupaten itu yakni total luas panen beras 52.610 hektar dengan produksi gabah kering panen 253.730 ton. Sementara kebutuhan beras 170.614 ton, terjual 117.460 ton, sisa persediaan beras 40,5 ribu ton.(04)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube