Headline News

header-int

TAHUN 2013 PENGGUNAAN ANGGARAN PESSEL BANYAK PADA PENGENTASAN KEMISKINAN

, 21 Februari 2013, 23:32:00 WIB - 324 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan, Februari 2013.   

Penggunaan anggaran Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2013 lebih banyak kepada upaya pengentasan kemiskinan dan peningkatan ekonomi berbasis kerakyatan.

Wakil Bupati Pessel Editiawarman di Painan kemarin menyebutkan, selain itu pengunaan anggaran juga ditujukan pada peningkatan mutu pendidikan dan pelayanan kesehatan serta pembangunan infrastruktur lainnya.
Menurut ia, Pendapatan Asli Daerah (PAD) kabupaten itu terus mengalami peningkatan tiap tahun. Pemkab mengupayakan peningkatannya sebesar 12,89 persen dari tahun sebelumnya.

"Meski PAD Pesisir Selatan masih sangat kecil dibanding total Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), namun upaya peningkatan perlu dilakukan," kata dia.
PAD kabupaten ini hanya sekitar 3,7 persen dari total APBD dan sisanya berasal dari dana perimbangan dan bagi hasil serta tugas perbantuan lainnya.

PAD yang besar juga dapat meningkatkan Dana Alokasi Umum (DAU) pada tahun berikutnya. Selanjutnya DAU tahun beberapa tahun belakangan 13,28 persen dari besaran APBD.
Pesisir Selatan mengarahkan kebijakan yang berorientasi kepada upaya pengentasan kemiskinan, perbaikan infrastruktur dan pengembangan ekonomi kerakyatan.

Yang tidak kalah pentingnya menjadi perhatian yakni peningkatan mutu pendidikan dan pelayanan kesehatan serta percepatan pembangunan daerah tertinggal.(04

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube