Headline News

header-int

Tahun 2019 Beberapa Kawasan Wisata Menjadi Prioritas Pembangunan

Kamis, 13 Desember 2018, 22:22:03 WIB - 517 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H

Pesisir Selatan 13/12/2018--Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) terus mengembangkan semua potensi pariwisata di daerah itu dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Beberapa kawasan yang dilirik untuk dilakukan pengembangan potensi wisatanya pada tahun 2019 nanti adalah Labuangbaruak di Teluk Sungaibungin dan Pantai Tan Sridano di Kecamatan Batangkapas, serta Pantai Penyu di Nagari Ampingparak Kecamatan Sutera.

 Asisten I Bidang Pemerintahan dan Hukum setdakab Pessel, Gunawan Kamis (13/12) mengungkapkan Pessel berusaha memotivasi masyarakat untuk mengembangkan kawasan wisata baru 

Dan tiga kawasan wisata itu  memiliki prosfek yang cukup besar bila dilakukan pengembangan dan pengelolaan secara profesional.

Dikatakan demikian, sebab tiga kawasan wisata itu, pengelolaanya baru dilakukan oleh masyarakat setempat dengan dukungan pemerintahan nagari.

Kalaupun pada Kawasan Wisata Pantai Penyu di Nagari Ampingparak pengelolaanya sudah cukup bagus sebagai mana dilakukan oleh komunitas yang ada di nagari. Namun masih perlu dilakukan sentuhan-sentuhan oleh pemerintah daerah, terutama sekali dari segi sarana dan prasarana, manajemen pengelolaan, serta juga dalam hal promosi.

"Jika itu dilakukan, maka beberapa kawasan itu akan menambah perbendaharaan jumlah objek wisata di Pessel untuk dikunjungi masyarakat luar daerah nantinya," ungkapnya

Agar harapan itu tercapai, maka pada tahap awal Pemda bersama dengan pemerintahan nagari (Pemnag) setempat akan segera berkoordinasi guna memberikan pelatihan terhadap komunitas maupun kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang ada dilokasi tersebut.

" Kita akan sesegera mungkin menggelar pertemuan dengan pemerintahan nagari, dalam memberikan pelatihan, sehingga masyarakat kita siap menerima wisatawan yang datang kelokasi wisata baru yang akan dikembangkan itu," terangnya.(07) 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube