Headline News

header-int

Tari Kreasi Tampil Pada Hari Kedua Festival Langkisau

, 29 Juli 2010, 02:18:00 WIB - 1173 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan, Juli ----

Memasuki hari kedua Festival Langkisau Pessel digelar dua kegiatan. Sejak pembukaan oleh Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Sumbar, James Hellyward kemaren, beberapa kegiatan seni dan budaya kabupaten itu sudah digelar. Kamis ini, sebagai rangkaian acara delapan grup sanggar menampilkan berbagai karya keseniannya di Lapangan parkir Pantai Carocok Painan sejak pukul 11.00 WIB.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disbupar) Pessel, Yunasri mengatakan, masing-masing grup menampilkan tari daerah yang telah dikreasi sedemikian rupa sehingga tampil lebih baik.

Meski tidak sesemarak tahun-tahun sebelumnya, Festival Langkisau kali ini tetap berupaya menjual potensi yang dimiliki kabupaten itu yang begitu banyak ke tingkat nasional dan internasional. Jumlah peserta tari kreasi yang mendaftar kali ini masih sedikit bila dibandingkan dengan tahun lalu.

"Grup sanggar yang mendaftar untuk ikut lomba sampai tadi, baru delapan. Beda dengan tahun lalu, sanggar yang tampil sebanyak 12 group dengan menampilkan tari kreasi yang berasal dari 12 kecamatan yang ada di Pessel," tuturnya.

Tari kreasi yang ditampilkan diantaranya, tari saluak badeta, tari piring, tari cewang dan tari kreasi lainnya.

Sebelumnya pada hari kedua ini juga, telah diadakan dua kegiatan yakni mengaik ikan mungkuih, di pusatkan di Balai Selasa Kecamatan Ranah Pesisir dan lomba tari kreasi.

Pantauan pesisirselatan.go.id di lokasi partisipasi masyarakat berkunjung pada kegiatan yang tengah berlangung terkesan lesu (sepi), sehingga acara terlihat kurang semarak. Tenda yang disediakan untuk pengunjung hanya diisi oleh para peserta dan anggota panitia.(04)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube