Headline News

header-int

TdS : Finish Etape 8 di Taman Spora dan Start Etape 9 di Pantai Carocok Painan

Kamis, 07 November 2019, 11:21:04 WIB - 58 | Kontributor : Marlison
TdS : Finish Etape 8 di Taman Spora dan Start Etape 9 di Pantai Carocok Painan

Pesisir Selatan-Finish etape 8 Tour de Singkarak (TdS) tahun 2019 berlokasi di Taman Spora Painan, Sabtu (9/11). Sedangkan start etape 9 berlokasi di objek wisata Pantai Carocok Painan, Minggu (10/11). Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pessel, Hadi Susilo, Kamis (7/11).

Dikatakan, adapun agenda kegiatan pada finish etape 8 di Taman Spora Painan yaitu penyambutan peserta, penghitungan waktu/skor, kata sambutan oleh Bupati Hendrajoni, ceremony pembagian hadiah, presconference dan hiburan rakyat.

Selanjutnya, kegiatan pada start etape 9 di Pantai Carocok Painan yaitu pertujukan kesenian, penyambutan peserta, kata sambutan oleh Bupati Hendrajoni, hiburan, sign on dan tim presentase dan start pelepasan peserta.

Untuk etape 8 sepanjang 200,4 km, start di Lapangan Merdeka, Kota Sungai Penuh dan finish di Taman Spora Painan, Kabupaten Pesisir Selatan. Sedangkan etape 9 sepanjang 107,7 km, star di Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan dan finish di Pantai Cimpago, Kota Padang.

Dijelaskan, pada event balap sepeda internasional Tour de Singkarak 2019 ini, Kabupaten Pesisir Selatan menjadi lokasi finish etape 8 dan start etape 9.

Menurutnya, dua etape TdS itu merupakan tantangan, sekaligus peluang bagi Kabupaten Pesisir Selatan untuk membuktikan kesuksesan sebagai tuan rumah penyelenggara TdS 2019.

Akan tetapi sebutnya, penyelenggaraan TdS harus dilandasi kekompakan dan kerjasama antar stakeholder dan masyarakat di Kabupaten Pesisir Selatan. "Intinya basamo mako manjadi dalam rangka mewujudkan Pesisir Selatan Maju," ucapnya.

Dijelaskan, TdS merupakan event penting dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan yang ujungnya berdampak terhadap ekonomi masyarakat. Sebagaimana diketahui, Pessel menjadi salah satu destinasi di Sumbar.

Menurutnya, didukung dengan potensi pariwisata yang besar dan menjanjikan bagi peningkatan ekonomi masyarakat serta kemajuan daerah ke depan, derah ini juga memiliki potensi pariwisata yang lengkap.

"Ada nuansa keindahan alam bahari, pegunungan, cagar budaya dan situs-situs bersejarah lainnya. Melalui TdS, potensi parawisata itu akan semakin dikenal oleh dunia sehingga banyak wisatawan yang datang dan berimbas pada peningkatan ekonomi masyarakat," ungkapnya.

Dikatakan, Pessel tahun 2019 ini  kembali menjadi salah satu daerah yang menjadi tuan rumah perhelatan TdS, dan dampaknya telah dirasakan, terutama meningkatnya kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara serta berkembangnya ekonomi masyarakat.

Pasalnya, peserta TdS bukan hanya dari dalam negeri, tetapi juga luar negeri. Setelah sampai di daerah masing-masing mereka akan bercerita tentang keelokan alam Pessel kepada masyarakatnya. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube