Headline News

header-int

TFP2N Pessel Diminta Maksimalkan Kegiatan Sosialisasi Tentang Bahaya Narkoba Ke Sekolah

Selasa, 13 Agustus 2019, 13:07:56 WIB - 70 | Kontributor : Marlison
TFP2N Pessel Diminta Maksimalkan Kegiatan Sosialisasi Tentang Bahaya Narkoba Ke Sekolah

Pesisir Selatan-Tim Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika  (TFP2N) Kabupaten Pesisir Selatan diminta memaksilakan kegiatan sosialisasi tentang bahaya narkoba di sekolah-sekolah yang ada disetiap kecamatan. Hal itu disampaikan Bupati Pessel, Hendrajoni didampingi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Zulkifli, Selasa (13/8) di Painan.

Dikatakan, pemkab melalui TFP2N terus proaktif melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan siswa. "Langkahnya adalah dengan melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang bahaya narkoba ke siswa. Dalam sosialisasi, tim hendaknya mengimbau agar siswa agar selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap peredaran dan pengaruh narkoba. Karena, zat terlarang tersebut sangat berbahaya  bagi kelangsungan kehidupan baik secara fisik maupun psikis penggunanya," katanya.

Lebih lanjut dikatakan, narkoba akan mudah masuk ke daerah ini kalau tidak adanya pengawasan dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

Oleh karena itu, seluruh elemen harus bersatu memberantas peredaran dan penggunaan narkoba. Apalagi di kalangan remaja yang dinilai rentan terhadap pengaruh narkoba.

"Usia remaja sangat rentan akan pengaruh narkoba, maka untuk mengantispasinya, mereka harus diberikan penyuluhan tentang bahaya narkoba secara berkelanjutan, pendidikan agama serta memperkuat keimanan," imbuhnya.

Ia mengatakan, untuk mengantisipasi narkoba di daerah ini,  maka setiap individu memiliki tanggung jawab moral dalam mengawasi lingkungan agar tidak ada ruang bagi pengedar narkoba melakukan aksinya.

"Saya mengimbau semua pihak agar mewaspadai peredaran narkoba.  Kemudian pencegahan narkoba mesti dilakukan secara dini dan dimulai dari keluarga," ujarnya.

Dikatakan, peran orang tua dalam hal ini sangat penting. Sebab, penyalahgunaan narkoba akhir-akhir ini semakin memprihatinkan. Bahkan,  pencandu narkoba umumnya berasal dari kalangan remaja. Oleh karena itu, sudah seharusnya  mendapat pengawasan semua elemen masyarakat dan aparat penegak hukum, pintanya.

Sementara Kabag Kesbangpol, Hardi Darma Putra menyebutkan, sosialisasi tentang bahaya dan antisipasi penyalahgunaan narkoba di sekolah merupakan kegiatan rutin yang mesti dilaksanakan setiap tahun.

"Sosialisasi itu sangat penting untuk memberikan pemahaman secara mendalam kepada siswa tentang bahaya narkoba dan cara pencegahannya," sebutnya.

Tim Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika terus memfokuskan sosialisasi tentang bahaya narkoba kepada siswa disetiap kecamatan.

"Dalam sosialisasi, tim mengimbau siswa agar selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap peredaran dan pengaruh narkoba. Karena, zat terlarang tersebut sangat berbahaya  bagi kelangsungan kehidupan baik secara fisik maupun psikis penggunanya," jelasnya. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube