Headline News

header-int

Tim DLH Provinsi Lakukan Pendataan Calon Penerima Kalpataru 2020 Atas Nama Haridman

Senin, 17 Februari 2020, 10:29:44 WIB - 30 | Kontributor : Marlison
Tim DLH Provinsi Lakukan Pendataan Calon Penerima Kalpataru 2020 Atas Nama Haridman

Pesisir Selatan-Tim Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat didampingi Tim Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pesisir Selatan telah melakukan pendataan terhadap calon penerima Kalpataru Tingkat Nasional 2020 atas nama Haridman, Ketua Laskar Pemuda Peduli Lingkungan Pantai Ampiang Parak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan. Demikian dikatakan Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Pengendalian Pencemaran Lingkungan pada  Dinas Lingkungan Hidup Pesisir Selatan, Darpius Indra, Senin (17/2) di Painan.

Disebutkan, sebelumnya Haridman meraih penghargaan Kalpataru tingkat Provinsi Sumatera Barat 2018 lalu. Penghargaan tersebut merupakan kerja keras para pihak.

"Ini wujud dari kesadaran dan kepedulian semua pihak sehingga kesadaran akan pentingnya pengelolaan lingkungan yang konstruktif menjadi tanggungjawab bersama," jelasnya.

Ia berharap kepada Haridman untuk tetap menjaga dan mengelola lingkungan secara terus-menerus. "Baik ada award maupun tidak, seluruh kita bertanggungjawab atas pemeliharaan lingkungan," pintanya.

Dikatakan, Haridman dinilai layak sebagai calon penerima Kalpataru Tingkat Nasional 2020, karena telah menunjukan pengabdian dan kepeduliannya secara nyata terhadap kelestarian lingkungan. Kemudian mengajak dan mendorong masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan.

Haridman adalah pelaku konservasi tanaman cemara laut dan penyu di Nagari Amping Parak, Kecamatan Sutera.  Berkat kerja kerasnya, pantai yang dulu tandus kini menjadi asri dengan pohon cemara laut. Kemudian penyu sudah sering bertelur.

Dikatakan, wisatawan dari hari ke hari semakin ramai ke lokasi konservasi tersebut.  Hal itu bagian dari upaya sosialisasi dan edukasi sehingga wisatawan memiliki pengetahuan terhadap sumberdaya kelautan disamping penyu yang sudah ditetapkan sebagai hewan langka yang dilindungi.

Selanjutnya, Haridman terus mengedukasi masyarakat terutama kaum muda untuk peduli pada lingkungan, dan betapa pentingnya upaya pelestarian vegetasi laut, terangnya. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube