Headline News

header-int

Tim Penggerak PKK Kabupaten Gelar Pertemuan Bulanan dengan PKK Kecamatan

Rabu, 12 Februari 2020, 10:49:46 WIB - 25 | Kontributor : Marlison
Tim Penggerak PKK Kabupaten Gelar Pertemuan Bulanan dengan PKK Kecamatan

Pesisir Selatan-Program PKK sepertinya sederhana, tetapi mampu jadi pengungkit bagi perkembangan daerah. Bahkan perannya bisa menyasar program peningkatan ekonomi keluarga. Hal itu disampaikan Ketua TP PKK Pessel, Hj. Lisda Hendrajoni, S.E., M.M.Tr saat pertemuan bulanan pengurus PKK Pessel dan PKK seluruh kecamatan di rumah dinas bupati setempat, Selasa (11/2).

Lisda Hendrajoni yang juga Anggota DPR RI itu menyakini banyak hal yang bisa dilakukan PKK untuk menggeraknya roda ekonomi keluarga dan masyarakat di masa mendatang.

"Kita punya program dasawisma, saya menghitung jika satu keluarga bisa menghasilkan sayur dan bahan dapur sendiri, artinya keluarga tidak perlu beli, maka bisa hemat pengeluaran 20-30 ribu perhari," sebutnya.

Lebih lanjut ia mengkalkulasi jika setiap keluarga di Pessel manfaatkan pekarangan dengan bercocok tanam, baik untuk pangan dan Toga, menurutnya akumulasinya sangat besar.

"Maka, keluarga punya potensi pendapatan atau penghematan 600-750 ribu perbulan dan bisa kita kali 100 ribu keluarga, besar sekali," jelasnya.

Disamping itu, diminta Tim Penggerak PKK tetap fokus menciptakan keluarga sehat dan berkualitas. Kemudian meningkatkan wawasan pengetahuan dan ketrampilan anggota PKK, terutama di nagari.

TP PKK juga hendaknya mengefektifkan pembentukan kelompok PKK dan menggerakan 10 program pokok PKK. Melalui kepedulian dan kearifan sosial, dimana gerakan PKK menempati posisi yang sangat strategis.

Disebutkan, PKK memiliki program yang jelas dan kader-kader yang tangguh yaitu kader Desa Wisma tersebar sampai ke lapisan paling dekat dan bersentuhan dengan keluarga-keluarga.

Dikatakan, gerakan PKK kedepan seyogianya juga memberikan perhatian yang sungguh-sungguh terhadap pemberdayaan keluarga. Memang harus dipahami keluarga sebagai sebuah potensi sosial yang besar dan karenanya harus memiliki strategi pembangunan yang tepat sehingga potensi tersebut dapat menciptakan manfaat dan kemaslahatan sosial yang luas.

Hadir pada pertemuan itu seluruh Pengurus PKK Kabupaten dan Ketua PKK Kecamatan se Pessel dan jajaran Dinas Nagari Kencana (DPMDP2KB) Pesisir Selatan.

Terkait program, Ketua TPP PKK berharap semuanya tetap berjalan sebagaimana mestinya, dan ia akan menyempatkan hadir disetiap momentum agenda PKK. (03)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube