Headline News

header-int

Tingkatkan Kompetensi Lulusan, SMKN 1 Painan Lakukan Gerakan Sekolah Menyenangkan

Kamis, 21 Januari 2021, 13:34:40 WIB - 72 | Kontributor : Marlison
Tingkatkan Kompetensi Lulusan, SMKN 1 Painan Lakukan Gerakan Sekolah Menyenangkan

Pesisir Selatan-Inovasi pendidikan terus dilakukan SMKN 1 Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, salah satunya melakukan Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) untuk meningkatkan kompetensi lulusan. Demikian dikatakan Kepala SMKN 1 Painan, Syamsul Mardan, Kamis (21/1) di Painan.

"Dalam rangka meningkatkan kompetensi lulusan perlu diciptakan lingkungan pendidikan yang nyaman dan menyenangkan,  sehingga siswa merasa betah dan nyaman  di sekolah," sebutnya.

Dijelaskan, melalui gerakan sekolah menyenangkan, SMKN 1 Painan berupaya menjadikan lingkungan sekolah sebagai tempat yang menyenangkan untuk pelaksanaan proses belajar mengajar (PBM), sehingga tidak lagi hanya dilakukan secara tatap muka dalam kelas, tetapi juga dapat dilakukan pada taman-taman sekolah maupun sudut literasi yang sudah ada.

"Kita telah menata taman sekolah yang menarik dan menyejukkan. Taman itu dihiasi dengan berbagai jenis bunga dan tanaman buah seperti mangga, jambu dan lainnya. Lalu, dibuat pula sudut-sudut literasi agar siswa merasa nyaman di sekolah," ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, ada empat model pendidikan GSM yaitu membangun lingkungan pembelajaran yang positif secara fisik dan sosial, mengutamakan model pembelajaran yang mendorong siswa bereksplorasi, berefleksi dan berpikir kritis. 

Berikutnya, memantik perkembangan karakter siswa melalui lingkungan dan model pembelajaran serta mendorong pelibatan semua pihak terutama wali murid dan masyarakat dalam menyukseskan proses pendidikan.

Keempat model GSM itu memastikan siswa memiliki ruang aktifitas fisik dan emosi, interaksi yang hangat, dan saling menghargai dalam kegiatan belajar, sehingga siswa marasa aman dan percaya diri. 

"Adapun tujuan akhir adalah para siswa mampu membaca gerakan zaman dan memahami persoalan nyata dalam kehidupan sehari-hari," katanya. 

Ia menambahkan, proses belajar mengajar tatap muka di SMKN 1 Painan juga menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat. "Ya, di masa pandemi ini SMKN 1 Painan telah melaksanakan proses belajar mengajar tatap muka dengan menerapkan Prokes yang ketat  seperti memakai  masker, mencuci tangan  dan menjaga jarak (3M)," ungkapnya. (03)
 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2021 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube