Headline News

header-int

UNP bersama Disdikbud Gelar Workshop SDGs

Minggu, 15 September 2019, 14:03:33 WIB - 222 | Kontributor : Riva Endra, S.Kom
UNP bersama Disdikbud Gelar Workshop SDGs

Painan, Universitas Negeri Padang melalui Program Zero Waste kembali bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan melalui Workshop Manajemen Sekolah Berbasis Sustainable Development Goals atau yang disingkat dengan SDGs (Jum’at,13/09/19) bertempat di Kantor Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan.

Workshop Manajemen Sekolah Berbasis SDGs dilaksanakan dari tanggal 13-14 september 2019 ini selain dihadiri Pengurus Kecamatan serta kepala sekolah SD dan SMP se Kecamatan Koto XI Tarusan, dengan narasumber Dr. Hanif Alkadri,M.Pd dan Dr. Hadiyanto, M. Pd selaku dosen Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Sementara itu ketika ditemui Prof. Nurhijrah Gistituati, M. Ed. E.D.d mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan workshop ini adalah untuk mendukung program dunia agar kehidupan dimasa depan tetap aman dan sehat, serta juga membentuk kesadaran bagi masyarakat tentang bahaya sampah terutama sampah plastik, dan juga membantu kepala sekolah untuk menyusun program sekolah yang terintegrasi dengan kebijakan zero waste disekolah, demi untuk meminimalkan sampah.

Persoalan sampah memang tidak ada habisnya karena setiap harinya sampah selalu dihasilkan. Sayangnya, tidak banyak orang peduli tentang sampah, terlebih tentang bagaimana mengelola sampah agar menjadi ramah lingkungan” katanya.

Begitu juga dengan Dr. Hanif Alkadri, M. Pd ketika memberikan paparan turut m menjelaskan bahwa selama ini, kita hidup di tengah kemasan plastik dan sampah yang terus menggunung dan tak dapat terurai.

“Sampah mencemari lingkungan untuk menjaga masa depan ekosistem, diperlukan perubahan besar, salah satu caranya dengan menerapkan gaya hidup zero waste alias bebas sampah,” jelasnya,

Ia menambahkan, Program zero waste di sekolah akan dapat menekan jumlah sampah anorganik yang terus menerus tertimbun. Program zero waste di sekolah dapat dilaksanakan secara regular dan berkesinambungan untuk membiasakan siswa menjaga kebersihan dan membangun karakter hemat pada para siswa.

“Kami ingin mengubah mindset bahwa manusia tidak hanya menghasilkan sampah, namun mempunyai PR bagaimana mengelola sampah yang telah kita hasilkan. Bukan hanya sekedar membuang, tetapi mengolah juga”, tutupnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube