Headline News

header-int

Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Berjalan Khidmat

Jumat, 13 Mei 2022, 11:07:09 WIB - 200 | Kontributor : Marlison
Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Berjalan Khidmat

Pesisir Selatan-Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2022 di GOR H.Ilyas Yakup Painan, Jumat (13/5) berjalan khidmat. Bertidak sebagai pembina upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional itu, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar. 

Upacara itu dihadiri Wakil Bupati, Rudi Hariyansyah, Sekda, Mawardi Roska, anggota Forkopimda, staf ahli, asisten, kepala perangkat daerah, organisasi kemasyarakatan dan undangan lainnya. 

Sambutan tertulis Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang dibacakan Bupati Rusma Yul Anwar mengatakan, selama dua tahun terakhir, banyak sekali tantangan yang harus kita hadapi bersama, yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Bahkan, kita mungkin tidak pernah membayangkan bahwa kita semua dapat mengatasinya.

Hari ini, saudara-saudariku, adalah bukti. Bukti bahwa kita jauh lebih tangguh dari semua tantangan, lebih berani dari rasa ragu dan tidak takut untuk mencoba. Kita tidak hanya mampu melewati, tetapi berdiri di garis depan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan.

Di tengah hantaman ombak yang sangat besar, kita terus melautkan kapal besar bernama Merdeka Belajar, yang di tahun ketiga ini telah mengarungi pulau-pulau di seluruh Indonesia.

Kurikulum Merdeka, yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kini Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan.

Anak-anak kita juga tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan karena Asesmen Nasional yang sekarang kita gunakan tidak bertujuan untuk "menghukum" guru atau murid, tetapi sebagai bahan refleksi agar guru terus terdorong untuk belajar; supaya kepala sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar pendidikan.

Semangat yang sama juga sudah kita dengar dari para seniman dan pelaku budaya, yang sekarang mulai bangkit lagi, mulai berkarya lagi dengan lebih merdeka. Itu semua berkat kegigihan kita untuk melahirkan terobosan dana abadi kebudayaan dan kanal budaya pertama di Indonesia. Dampaknya, sekarang tidak ada lagi batasan ruang dan dukungan untuk berekspresi, untuk terus menggerakkan pemajuan kebudayaan.

Semua perubahan positif yang kita usung bersama ini tidak hanya dirasakan oleh para orang tua, guru, dan murid di Indonesia, tetapi sudah digaungkan sampai ke negara-negara lain melalui presidensi Indonesia di konferensi tingkat tinggi G20. Tahun ini kita membuktikan diri bahwa kita tidak lagi hanya menjadi pengikut, tetapi pemimpin dari gerakan pemulihan dunia.

Langkah kita hari ini sudah semakin serentak, laju kita sudah semakin cepat. Namun, kita belum sampai di garis akhir. Maka, tidak ada alasan untuk berhenti bergerak meski sejenak. Ke depan, masih akan ada angin yang kencang dan ombak yang jauh lebih besar, serta rintangan yang jauh lebih tinggi. Dan kita akan terus memegang komando, memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk Merdeka Belajar.

Usai upacara dilanjutkan dengan penyerahan deviden saham Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan di Bank Nagari tahun buku 2021 sebesar Rp 9.766.118.702 oleh Pemimpin Bank Nagari Cabang Painan, Helfiyanrika kepada Bupati Rusma Yul Anwar. Berikutnya, Bupati Rusma Yul Anwar didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Salim Muhaimin menyerahkan penghargaan guru menulis.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube