Headline News

header-int

UPK dan PL UPK Perlu Ditingkatkan Kapasistasnya

, 13 Oktober 2014, 00:00:00 WIB - 221 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan,Oktober-- Masih banyak pelaku di Unit Pengelola Kegiatan (UPK) pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Di Kabupaten Pesisir Selatan yang tidak mengerti tugas dan fungsinya .

Akibatnya banyak masalah baik itu masalah administrasi maupun masalah tunggakan yang terjadi ditengah masyarakat tidak terselesaikan, untuk itulah perlu adanya peningkatkan kapasitas bagi anggota UPK tersebut.

Hal ini disampaikan Fasilitator Keuangan Kabupaten Pesisir Selatan Ilham pada acara  Pelatihan Peningkatan Kapasistas UPK dan PL UPK Sekabupaten Pesisir selatan yang diadakan di dua lokasi yaitu Hotel Anordio dan Hotel Andini Painan selama 2 hari Kamis-Jumat (9-10/10).

Ilham menguntarakan UPK dan PL UPK juga kebanyakan masih baru atau baru pergantian periode maka masih banyak dari mereka itu yang belum paham benar tentang administrasi dan perbukuan di UPK.

Menurutnya kemampuan setiap pelaku kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan di Kabupaten Pesisir Selatan perlu senantiasa ditingkatkan. Peningkatan kapasitas pelaku ini perlu dilakukan secara terencana dan tepat guna.apalagi sekarang ini banyak persoalan banyak permasalah yang terjadi di masyarakat,salah satunya banyaknya tunggakan SPP dan masalah teknis lainnya.

Diharapkan pelaku PNPM dapat menambah bekal dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab sebagai pelaku PNPM Mandiri Pedesaan,serta mampu menyelesaikan setiap persoalan yang terjadi di tengah masyarakat.

"Pengetahuan, sikap, dan keterampilan pelaku PNPM mandiri pedesaan di Kabupaten Pessel perlu lebih dikembangkan agar timbulnya kesadaran kritis, perubahan sikap dan perilaku, dalam  mewujudkan peran sosial dan ekonomi dan mampu menyelesaikan setiap persoalan yang timbul ditengah masyarakat," ungkapnya.

Kegiatan ini juga akan mendatangkan narasumber dari Kacabjari Balai Selasa dan kegiatan ini mengunakan dana DOK 2014 (07) 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube