Headline News

header-int

Usaha Sepi Order

, 20 Agustus 2010, 09:28:00 WIB - 988 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan, Agustus ----

Minat masyarakat untuk membuat pakaian jahitan  masih sepi. Beberapa usaha penjahit pakaian di Painan Kabupaten Pesisir selatan masih terima orderan konsumen lama. Order jahitan pakaian lebaran belum ada.

Sampai kini kami masih belum ada terima orderan jahitan pakaian, baik orang dewasa maupun anak-anak. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Ramadhan ke 10 ini sudah mulai masuk orderan. Biasanya mau masuk lebaran ini kebanyakan orderan pakaian muslim orang dewasa. Pakaian anak-anak atau generasi muda juga jarang, ungkap Ramli penjahit pakaian di Painan tadi siang.

Masyarakat di kabupaten ini lebih cenderung membeli pakaian langsung siap (jadi). Mereka sepertinya tidak terbiasa membeli pakaian yang dijahit. Meskipun ada, selama ini orderan yang diterima untuk jahitan pakaian kebanyakan pakaian muslim orang dewasa, atau pakaian dinas para Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Disebutkan, sejak awal puasa hingga kini, order jahitan yang masuk ke usahanya baru sebanyak 20 lembar baju dan celana panjang. Semua pakaian orang dewasa. Mereka yang memesan atau mengorder adalah orang-orang yang selama ini juga sudah menjadi langganan tetap.

"Orderan yang datang ramadhan ini juga orang-orang yang biasa memesan sebelumnya. Tahun lalu juga orang-orang ini juga. Mereka ingin menjahitkan bahan dasar untuk dipakai seragam bersama keluarga. Seperti biasanya yang menjahit bahan dasar disini mereka yang ingin tampil sama dengan anggota keluarganya dan disesuaikan dengan bentuk tubuh," tuturnyanya

Mengingat kondisi saat ini, pihaknya (pengusaha) terpaksa mengundur dulu rencananya untuk melakukan penambahan anggota jahit. Karena, dengan anggota yang kini hanya 1 orang, 2 dengan pemiliknya itu sudah cukup dengan orderan yang ada untuk mengerjakan orderan yang datang.

Sementara upah jahit yang diterima saat ini dari konsumen masih tetap pada harga biasa. Rencana untuk menaikan upah tersebut menjelang lebaran ini memang sudah ada, tetapi sebelumnya harus dilihat dari banyak orderan yang masuk. Sebab pada tahun-tahun sebelumnya, menjelang lebaran ini semua bahan harganya sudah pasti naik.(04

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube