Headline News

header-int

Visit Beautiful West Sumatera 2023, Pokdarwis Gelar Event Pariwisata

Sabtu, 11 Februari 2023, 12:33:28 WIB - 341 | Kontributor : Marlison
Visit Beautiful West Sumatera 2023, Pokdarwis Gelar Event Pariwisata

Pesisir Selatan - Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan terus berupaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Negeri Sejuta Pesona ini.

"Salah satu upaya yang dilakukan adalah mendorong Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Desa Wisata untuk menyiapkan event-event berbasis Desa Wisata," kata Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan, Suhendri Zainal di Painan, Sabtu (11/2).

Menurutnya,hal ini juga merupakan upaya mensukseskan Visit Beautiful West Sumatera 2023. Event-event tersebut disamping untuk menjadi daya tarik di Destinasi Wisata tetapi yang tidak kalah penting adalah Event itu juga merupakan Branding Daerah.

Dikatakan, atraksi/event yang dimunculkan tetap mengutamakan kearifan lokal. Salah satu Pokdarwis yang telah menyusun kalender Eventnya adalah Pokdarwis Carocok Pantai Painan (CPP). 

Disini ada event mingguan seperti Senam Sehat dan ada juga event musiman yang disesuaikan dengan kalender kunjungan wisatawan di Pantai Carocok seperti libur Idul Fitri, libur sekolah, dan lainnya.

Suhendri menyampaikan bahwa dengan semakin banyaknya event-event berbasis Desa Wisata, maka kunjungan wisatawan akan meningkat dan menyebar pada 23 Desa Wisata yang sudah di SK kan oleh Bupati Pesisir Selatan.

Ditambahkan, tahun 2022 lalu dari target 1,2 juta jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Pesisir Selatan, baru tercapai pada angka 895.000 pengunjung. "Mudah-mudahan untuk tahun 2023 ini target tersebut bisa diwujudkan, karena Pemkab Pesisir Selatan akan tetap berbenah di beberapa Destinasi Pariwisata termasuk tentang tata kelola, peningkatan SDM dan lainnya," kata Suhendri.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube