Headline News

header-int

Wagub Serahkan Bantuan Alsintan Pada Kelompok Tani Di Pesisir Selatan

Sabtu, 24 Juli 2021, 12:12:19 WIB - 265 | Kontributor : Marlison
Wagub Serahkan Bantuan  Alsintan Pada Kelompok Tani Di Pesisir Selatan

Pesisir Selatan-Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy menyerahkan secara simbolis bantuan Alsintan pada perwakilan kelompok tani, Sabtu (24/7) di Dinas Tanaman Pangan,  Hortikultura dan Perkebunan setempat.

Bantuan Alsintan itu direalisasikan melalui dana aspirasi Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Fraksi PPP Komisi II Dapil Mentawai - Pesisir Selatan, Imral Adenansi.

Adapun jenis Alsintan yang diserahkan adalah Hand Tractor Rotary 2 unit, Hidrotiller 4 unit, Cultivator 10 unit, Traktor Roda 2 Inpala 3 unit dan Hand Sparayer 50 unit. 

Pada kesempatan itu hadir Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah, Anggota DPD RI, Alirman Sori, Anggota DPRD Sumatera Barat, Imral Adenansi, sejumlah kepala perangkat daerah Pemprov Sumatera Barat dan Pemkab Pesisir Selatan.

Wagub Audy Joinaldy dalam sambutannya mengatakan, IPM sesuai PDRB Provinsi Sumatera Barat 23 ?alah sektor pertanian dan perikanan. Untuk itu 10 ?na APBD Provinsi Sumatera Barat digunakan untuk pembangunan pertanian.

Sementara itu, PDRB Pesisir Selatan 33,4 ?alah berasal dari sektor pertanian, perkebunan dan peternakan. Dalam hal ini, pemprov dan pemkab saling bersinergi.

Wagub berharap Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Pesisir Selatan berkoordinasi dengan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sumatera Barat dalam pembangunan sektor pertanian. 

" Apresiasi saya sampaikan pada Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Imral Adenansi yang telah menunjukkan kepedulian terhadap pembangunan sektor pertanian di daerah ini,"  katanya.

Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah mengucapkan terima kasih pada anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Fraksi PPP Komisi II Dapil Mentawai - Pesisir Selatan, Imral Adenansi yang telah merealisasikan pokok pikirannya untuk peningkatan sektor pertanian di daerah ini.

Dikatakan, sektor pertanian merupakan sektor unggulan di Kabupaten Pesisir Selatan. Berdasarkan data BPS tahun 2020, sebesar 55 ?ri total penduduk di Pesisir Selatan bergerak pada sektor pertanian, perkebunan dan peternakan. Kontribusi sektor ini terhadap PDRB Kabupaten Pesisir Selatan mencapai 33, 4 %. 

"Pemkab berharap kepada Pemprov Sumatera Barat agar mengalokasikan dana untuk pembangunan pertanian di Pesisir Selatan," harapnya.

Wabup berharap dengan bantuan Alsintan dapat meningkatkan produktifitas pertanian. Kemudian Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan hendaknya lebih intensif berinovasi agar usaha pertanian semakin meningkat dan mampu memberikan kesejahteraan kepada petani. 

Sementara Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Imral Adenansi mengapresiasi gubernur dan wakil gubernur  yang cukup perhatian dengan sektor pertanian, apalagi sosok wagub yang cukup matang dalam hal pertanian. 

"Melalui APBD Provinsi Sumatera Barat kita alokasikan hampir Rp 80 miliar melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan untuk peningkatan pembangunan pertanian di Sumatera Barat," terangnya. (03)

 

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube