Headline News

header-int

Wali nagari Koto Baru Dan KAN Koto Berapak Komitmen Tidak Pungut Biaya ADM Pelepasan Hak Tanah Warga

Jumat, 09 Agu 2019, 07:49:49 WIB - 138 | Kontributor : Yusmardi, Dtk. Mdr. Kayo
Wali nagari Koto Baru Dan KAN Koto Berapak Komitmen Tidak Pungut Biaya ADM Pelepasan Hak  Tanah Warga

Pesisir selatan

Dalam rangka proses kepastian status kepemilikan lahan dan bangunan serta tanaman, perlu segera di lakukan pembuatan Alaas Hak Atas Tanah dan wujud kesepakatan ganti kerugian oleh Pemerintah Daerah Kab. Pessel 

Pemerinrah Daerah Pessel melalui Kasi Perencanaan dan Pengadaan Pertanahan Perkimtam Andi yusrapel sabir S.IP.MM. menjelaskan di hadapan pemilik lahan di lokasi obyek wisata bayang sani Nagari Koto Baru Kec Byang-Pessel, proses pelepasan hak atas tanah kita mengacu pada uu no 2 tahun 2012. kamis (8/8)

Agar tidak terjadi kesalah pahaman bagi pemilik lahan kata Andi, prosedur kali ini adalah tahap penghitungan tanaman dan pengukuran bangunan, untuk pembuatan peta bidang oleh BPN,

"Kami dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Perkimtam akan mempasilitasi dan membantu proses pembuatan alashak untuk bukti kepemilikan, terangnya.

Walinagar Koto Baru Sukardi mengatakan, harapan pada pemilik lahan jangan sampai ada salah paham dalam proses pengukuran tersebut, namun tahap demi tahap akan kita lakukan secara trasparan dan tidak ada satupun pemilik lahan yang akan di rugikan

Kita dari Pemerintah Nagari siap memfasilitasi proses demi proses sampai titik akhir pelepasan hak atas tanah tersebut, setiap proses yang akan kita jalani kita akan tetap lakukan duduk bersama, ungkapnya

Lanjut Sukardi, Pemerintah Nagari Koto Baru dan Kerapatan Adat Nagari Koto Berapak ( KAN ), sepakat tidak akan pungut biaya 1 persen pun pengurusan pelepasan hak atas tanah, dan ini komitmen Wali Nagari dengan Ketua KAN, katanya.

Ketua KAN Koto Berapak Dasrianto Putra Dt Rajo Nan Gadang mengatakan, demi kepentingan bersama, kita dari lembaga Kerapatan Adat mendukung program Pemerintah agar terwujut seperti yang kita harapkan, dan ini tidak terlepas dukungan para ninik mamak serta Pemerintah Nagari Koto Baru bersama dengan tokoh masyarakat dan pemilik lahan, ujarnya.

Dikatakan, pengadaan Tanah Untuk Pembangunan kepentingan fasilitas Umum akan terwujud, apabila pelepasan Hak atas tanah tanaman dan Bangunan dari Pemilik ke Pemerintah Daerah.

Dan berkenaan dengan hal dimaksud, KAN Koto Berapak akan berkomitmen, tidak ada pungutan uang Adat 1 Rupiah pun nantinya. terang dasrianto.

Semoga Komitmen Ini menjadi Satu Kesatuan Semangat dan Tanggungjawab bersama untuk kelancaran dan sukses Pembangunan Pengembangan Obyek Wisata Bayang Sani, tutupnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube