Headline News

header-int

Warga Batang Kapas Pakai Ramuan Tradisional Obati Padi

, 31 Maret 2011, 02:57:00 WIB - 772 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan, Maret----

Warga petani di Kecamatan Batang Kapas memakai ramuan tradisional turun temurun dalam mengobati padi umur 25 hari yang tiba-tiba daunnya menguning. Menguningnya daun padi ini tidak langsung disikapi petani setempat dengan memakai pupuk bahan kimia seperti pestisida.

"Biasanya cukup dengan tiga jenis tanaman yakni Sambung, Jariangau dan Kunik Bolai, daunyang menguning akan kembali menghijau dalam waktu beberapa hari," kata petani Batang Kapas, Igus (45) yang tinggal dikampung Limau Sundai Nagari IV Koto Hilir Kecamatan Batang Kapas pada wartawan saat mencincang serta menghaluskan bahan tersebut ,Kamis (31/3)

Mengolah tumbuhan untuk dijadikan sebagai penawar penyakit padi yang menguning akibat terserang hama, ternyata mampu mengurangi biaya pengeluaran bagi petani, tuturnya menambahkan. "Kalau memakai pestisida selain harganya mahal juga susah didapat," ucapnya Potongan tiga jenis tumbuhan tersebut mudah didapat pada perkarangan atau kebun warga.

Ia memaparkan, Sambung adalah sejenis sayuran yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat untuk campuran lauk pauk, Jariangau dan kunik bolai biasa digunakan masyarakat sebagai obat gosok ketika masuk angin.

Sementara, tiga jenis tumbuhan yang sudah saya cincang ini sebelum direndam dengan air akan dihaluskan dulu agar tercampur rata. Proses penghalusan itu bisa menggunakan lesung atau gilingan cabe. Setelah itu baru ditebarkan pada lahan yang ditanami padi yang sudah menguning," jelasnya.

Cara pengobatan tanaman padi yang menguning akibat terserang hama itu sudah mulai membudaya di nagai IV Koto Mudiak kecamatan Batang Kapas ini sejak 2 tahun belakangan.

Menurutnya, banyak keuntungan yang diperoleh oleh masyarakat tani melalui pengelolaan ini, disamping bisa mengobat padi yang menguning tanpa biaya, ramuannya juga banyak tumbuh tanpa memiliki resiko gangguan, baik bagi tanaman maupun terhadap kesehatan orang yang mengolahnya.

Berkat kasiat dan bukti yang ia rasakan bersama petani lainnya sehingga tiga jenis tumbuhan seperti Sambung, Jareangau dan Kunik Bolai sengaja dikembangkan warga sebagai persiapan bila tanaman padinya menguning .(02

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube