Headline News

header-int

Warga Manfaatkan Lahan Tidur Untuk Budidaya Jeruk

Selasa, 10 Maret 2020, 12:18:02 WIB - 431 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Warga Manfaatkan Lahan Tidur Untuk  Budidaya Jeruk

Pesisir Selatan, - Kabupaten Pesisir Selatan memiliki banyak potensi untuk mengembangkan lahan produktif salah satunya dengan mengembangkan komoditi tanaman jeruk

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Tanaman Pangan,Holtikultura dan Perkebunan Pessel, Ir.Nurziwan, M.T., Selasa (10/3) mengungkapkan prospek tanaman jeruk sangat besar sekali di Pesisir Selatan , sebab kondisi lahan yang memungkinkan petani untuk menanam jeruk. Dan kebanyakan petani jeruk mengalihfungsikan lahan tidur  mereka untuk tanaman jeruk . 

Dan daerah yang sekarang mengembangkan tanaman jeruk diantaranya Kecamatan Lunang,Kecamatan Pancung Soal, Kecamatan Bayang,Kecamatan Tarusan. Namun beberapa kecamatan lainnya seperti Kecamatan Linggo Sari Baganti, Lengayang sudah mulai melirik komoditi ini untuk dikembangkannya juga .

Dari data yang ada luas lahan kebun jeruk yang baru tercatat seluar 32 hektar dengan banyak banyak batang 20.176 batang hasilnya 2.177 ton pada tahun  . Namun  luas produksi ini meningkat drastis setiap tahun dimana luas lahan produksi mencapai 720 hektar.

Menurutnya luas lahan selalu meningkat karena proses pembibitan, penanaman, pengololaan hingga panen yang tidak sulit.  Dan bentuk pembinaan yang dilakukan dinas baru pembinaan peningkat mutu. Namun kedepannya pembinaan berkelanjutan kepada petani akan dilakukan agar terjadinya peningkatan produksi.

Seperti tanaman jeruk yang ada di Nagari Setara Nanggalo dimana ada 184 hektar lahan milik masyarakat dijadikan mereka sebagai lahan perkebunan jeruk dan rasanya manis dan segar tidak kalah dengan buah jeruk andalan dari daerah lainnya 

Lahan pertanian jeruk yang dimiliki oleh Kenagarian Setara Nanggalo  berpotensi besar untuk dikembangkannya sebagai kawasan agrowisata. Dimana agrowisata adalah pariwisata berbasis pertanian yang memberikan  angin segar bagi para petani dan masyarakat umum untuk dapat memperluas sektor pertanian yang selama ini mereka geluti menjadi objek pariwisata bagi para wisatawan minat khusus. 

Apalagi Nagari Setara Nanggalo merupakan salah satu nagari yang termasuk dalam kawasan Mandeh , upaya untuk menjadi kawasan ini sebagai kawasan agro sangat cocok,sehingga wisatawan selain menikmati wisata bahari juga bisa menikmbati wisata agro atau wisata petik buah jeruk.(07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube