Headline News

header-int

Warisan Budaya Harus Selalu Dilestarikan

Selasa, 03 Desember 2019, 11:37:02 WIB - 74 | Kontributor : Elfi Mahyuni, SH
Warisan Budaya Harus Selalu Dilestarikan

Pesisir Selatan-- Wisata sejarah dan warisan budaya merupakan salah satu aset yang harus dipertahankan dan dimanfaatkan sebagai daya tarik wisata. Saat ini beberapa Negara maju yang memiliki kekuatan sejarah dan warisan budaya pun berusaha sekuat mungkin untuk melestarikan dan menyajikan sejarah dan warisan budaya yang dimilikinya. 

Salah satu indicator kesuksesan penyajian wisata sejarah dan warisan budaya berada pada peranan pemandu wisata atau pramuwisata. 

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Hadi Susilo pada kegiatan pelatihan sejarah dan warisan budaya di Hotel Hannah Painan Senin - Rabu 2-4 Desember. Kegiatan ini mengunakan alokasiDAK 2019. Menurutnya untuk menarik kunjungan wisatawan bahkan lama tinggal wisatawan sangat ditentukan oleh kemampuan pramuwisata atau masyarakat. 

" Wisata sejarah dan warisan budaya ini tentunya menduduki peranan penting mengingat trend wisata budaya berbasis sejarah dan warisan budaya saat ini menjadi semakin menguat ditengah berkembangnya trend destinasi digital," ujarnya

Ditambahkannya saat ini pemerintah sedang giat membangun destinasi wisata untuk mendukung perekonomian masyarakat.“Oleh karena itu diminta para pelaku wisata supaya berbenah diri, demi kemajuan pengelolaan warisan budaya sejarah di daerah masing-masing,” katanya.

Hadi berharap, apa yang nanti diperoleh para peserta dari narasumber dapat bermanfaat dalam melestarikan budaya dan sejarah lokal.“Mengingat pesatnya pengembangan objek wisata ke depan, maka diperlukan produksi pemikiran dan tata cara pemahaman pengelolaan wisata yang baik, sehingga bisa menguntungkan atau membuat ekonomi masyarakat semakin matang,” katanya

Menambahkan, bahwa pelatihan warisan budaya tersebut sangat penting untuk bakal para pemandu wisata.Pelatihan budaya ini sangat diperlukan untuk membina masyarakat guna mencetak pemandu sebagai SDM yang bagus dan handal. Sehingga akan mampu memberikan pelayanan yang baik, santun, ramah serta memiliki tata krama dan bermartabat.

Seperti diketahui Kabupaten Pesisir Selatan kaya akan potensi baik potensi alam maupun budaya. Salah satu potensi budaya yaitu tugu pitih kambang,rumah gadang Mande Rubiah dan potensi lainnya . (07)

 

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube