Headline News

header-int

Wendi : Tahapan Pilwana Sudah Dimulai

Jumat, 15 Januari 2021, 21:03:13 WIB - 663 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Wendi : Tahapan Pilwana Sudah Dimulai

Pesisir Selatan-- Sebanyak 31 nagari di Kabupaten Pesisir Selatan bakal menggelar pemilihan walinagari (Pilwana) serentak yang dijadwalkan pada  April 2021 mendatang. Dan sekarang ini panitia pada masing-masing nagari, sudah mulai melaksanakan tahapan pilwana.

Kepala DPMNP2KB Pessel, Wendi Jumat(15/1) mengatakan setidaknya ada 4 tahapan Pilwana yang mesti dipahami, yakni persiapan, penjaringan, pemilihan, dan pelantikan, dari 4 tahapan ini ada 57 sub tahapan yang mesti disegerakan, seperti pembentukan panitia kabupaten, kecamatan, hingga nagari, termasuk sosialisai hingga pelantikan.

Hal yang sangat krusial dan paling rawan adalah ketika masuk tahapan penentuan bakal calon, penetapan, pemilihan, hingga penghitungan suara. Ia berharap, seluruh panita pengawas Pilwana dapat bekerja sesuai tahapan dan mempedomani regulasi tentang pemilihan walinagari.

"Pada tahapan ini, kami minta panita pengawas agar proaktif melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Tujuannya agar proses Pilwana berjalan aman, lancar, dan kondusif," ujarnya.

Terkait dana pelaksanaan  Pilwana berasal dari dana Desa,APBD Kabupaten berupa surat suara dan lainnya serta sumbangan pihak ketiga yang tidak mengikat seperti sumbangan para Calon Walinagari untuk.membantu pelaksanaan Pilwana. 

Menambahkan untuk tahun 2021 Kabupaten Pesisir Selatan mendapatkan alokasi dana Desa berasal dari APBN  dan APBD Kabupaten yang selanjutnya dibagi berdasarkan proporsi masing masing nagari .

"Alokasi tersebut akan dilakukan secara bertahap dengan menyiapkan perangkat aturan untuk menjamin penyaluran dan pelaksanaan alokasi anggaran agar berlangsung transparan ,akuntabel dan partisipatif,"ujarnya 

Lebih lanjut  diminta untuk selalu eksis pada masa jabatan PJ wali nagari. Bagi PJ wali nagari juga akan menghadapi pemeriksaan khusus dari dinas Inspektorat karena dimasa jabatannya harus bisa berkerja maksimal dan sebaik mungkin sesuai dengan aturan yang ada .Para perangkat wali nagari diminta untuk bersama dan berkelaborasi dalam melaksanakan tugas pada pemerintahan pada masing masing nagari.(07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2021 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube