Headline News

header-int

Camat Sutera Fakhrudin: Semua Nagari Didorong Agar Memiliki Program Pro Rakyat

Selasa, 20 Agustus 2019, 11:45:19 WIB - 415 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Camat Sutera Fakhrudin: Semua Nagari Didorong Agar Memiliki Program Pro Rakyat

Pesisir Selatan--Sebagai perpanjangan tangan bupati di daerah, pemerintahan kecamatan (Pemcam) Sutera Kabuaten Pesisir Selatan (Pessel) juga ikut memberikan dorongan dan juga motivasi kepada semua pemerintahan nagari (Pemnag) di kecamatan itu agar juga melakukan program-program yang pro rakyat.

Upaya itu dilakukan agar upaya Pessel untuk bisa mewujudkan kesejahteraan secara menyeluruh bagi semua warganya bisa benar-benar tercapai, termasuk juga di Kecamatan Sutera.

Hal itu disampaikan Camat Sutera, Fakhrudin kepada penulis pesisirselatan.go.id Selasa (20/8).

Dijelaskanya bahwa semua nagari di wilayah tugasnya memang ditantang agar memiliki terobosan-terobosan, atau inovasi yang memiliki dampak besar terhadap kesejahteraan masyarakat.

"Ini saya lakukan dalam rangka mendukung program pemerintah daerah kabupaten (Pemdakab) Pessel, untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, unggul, agamis, dan sejahtera sebagai mana visi misi yang dimiliki oleh bupati dan wakil bupati Pessel," ungkapnya.

Disampaikanya bahwa salah satu program yang pro rakyat yang sudah diimplemantasikan oleh pemerintahan nagari adalah membantu masyarakat miskin untuk bisa menempati rumah yang layak.

"Itu sudah dilakukan oleh pemerintahan nagari (Pemnag) Lansano Taratak. Bahkan untuk menuntaska rumah tidak layak huni (RTLH) itu, Pemnag memasukanya kedalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nagari (RPJMN)," ungkapnya.

Dia berharap melalui upaya itu, di Nagari Lansano Tartak tidak lagi ditemui rumah yang tidak layak lima hingga sepuluh tahun mendatang.
 
Disampaikan lagi bahwa Nagari Lansano Taratak, merupakan nagari pemekaran dari nagari induk yang dikenal dengan nama Nagari Taratak.

Karena nagari itu berada disepanjang perairan pantai, sehingga sebagian besar penduduknya menggantungkan ekonomi sebagai nelayan, serta juga sebagai petani penggarap lahan.

"Dengan masuknya RTLH sebagai program RPJM Nagari, sehingga kita berharap di nagari ini sepuluh tahun mendatang tidak lagi ditemui rumah yang tidak layak. Tapi saya berharap, upaya yang sudah dilakukan oleh Nagari tersebut, ditiru pula hendaknya oleh nagari-nagari lainya di Kecamatan Sutera," tutupnya berharap. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube