Headline News

header-int

Indahnya Hamparan Hutan Mangrove di Bukit Ransam Sungai Nyalo Tarusan

Selasa, 27 Oktober 2020, 16:01:17 WIB - 242 | Kontributor : Riko Candra
Indahnya Hamparan Hutan Mangrove di Bukit Ransam Sungai Nyalo Tarusan

PESISIR SELATAN, - Semilir angin berhembus sejuk menyapa setiap tamu yang datang di Bukit Ransam Sungai Nyalo Mudiak Aia Kecamatan Koto XI Tarusan. Diraut wajahnya nan cantik ini, terukir suasana nyaman dan damai pecahkan gundah gulana dihati.

Pesona negeri nan elok yang satu ini, membuat kaum berduit terpikat dan ingin meminangnya. Apalagi kawasan yang masih asri ini memang memiliki potensi keindahan alam yang menakjubkan. Hamparan hutan mangrove tumbuh subur merenda hiasi bibir pantai yang panjang.

Bukit Ransam ini juga memiliki pemandangan yang indah. Karena dari bukit ini, pengunjung akan dapat melihat pulau-pulau kecil menghiasi hamparan lautnya yang tenang. Jika tatapan disibak ke arah utara, juga akan terlihat sebuah bukit dengan batu besar. Para pendahulu menamakan bukit tersebut dengan nama Batu Garudo yang dikabarkan memiliki kisah yang historis.

Jika pemandangan diarahkan ke arah selatan, pengunjung akan dapat melihat Pulau Setan, Pulau Sironjong Ketek, Pulau Sironjong Gadang serta Pulau Cubadak. Sementara bila padangan diarahkan ke barat, maka pengunjung juga akan dapat meliah sebuah negeri taluk dalam yang memiliki kesenian khas.

Keindahan Bukit Ransam merupakan sebuah anugerah Tuhan dan tidak dimiliki oleh daerah lain. Negeri ini begitu cantik menggoda banyak orang yang berkeinginan meminangnya. Sebab, walaupun masih alami negeri ini sudah terlihat cantik sehingga tidak salah lagi bila kaum pencinta keindahan alam menelan ludah saat memandang nagari nan elok rupa ini.

Namun bila pengunjung berkesemapatan berwisata ke Kawasan Mandeh, akan lebih lengkap bisa sudah menelusuri pinggiran pantai kawasan ini. Pengunjung bisa menjelajahi kawasan ini dengan menggunakan jasa perahu wisata yang ada didaerah tersebut. Serta juga bisa dinikmati dengan menggunakan mobil atau motor karena kondisi jalan yang sudah mulus.

Jika anda melewati jalur darat, dari ketinggian mana saja maka akan dapat menikmati seluruh pemandangan kawasan bahari ini dengan sangat jelas. Kalau ingin lebih dekat maka dengan memakai jasa perahu wisata yang disewakan warga setempat akan mengantar anda mampir di lokasi-lakasi indah didaerah itu.

Tunggu apalagi ? bagi anda pencinta keindahan ingin menikmati indahnya pemandangan bahari, maka kawasan wisata Mandeh merupakan tempat yang tepat bagi anda.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2021 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube