Headline News

header-int

RSUD Dr M Zein PainanTargetkan Nilai Akreditasi Paripurna

Jumat, 16 Agu 2019, 15:59:17 WIB - 31 | Kontributor : Yoni Syafrizal
RSUD Dr M Zein PainanTargetkan Nilai Akreditasi Paripurna

Pesisir Selatan--Selain sarana dan prasarana, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Zein Painan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) terus tingkatkan sumber daya manusia (SDM) para medis melalui bimbingan teknis, dan administrasi.

Upaya itu dilakukan karena RSUD M Zein Painan memasang target paripurna pada penilaian Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) edisi I pada 2020.

Hal itu disampaikan Direktur RSUD M Zein Painan, Sutarman Jumat (16/8) kepada penulis pesisirselatan.go id.

"Penilaian SNARS edisi I itu dimulai pada awal tahun 2020 nanti, makanya berbagai persiapan kita lakukan dari sekarang, dengan tujuan agar target nilai Akreditasi Paripurna benar-benar bisa diraih," katanya.

Dijelaskanya bahwa beberapa hal yang dinilai itu diantaranya, tata kelola rumah sakit, pengendalian penyakit infeksi, peningkatan mutu dan keselamatan pasien dan lainnya.

Diungkapkanya bahwa sebelumnya RSUD Dr  M Zein Painan juga sudah dinilai tim akreditasi yang dilaksanakan oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) versi 2012.

"Penilaian yang dilakukan pada tahun 2012 itu, mengantarkan RSUD M Zein Painan meraih nilai utama," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa penilaian menggunakan SNARS merupakan standar akreditasi terbaru yang diberlakukan secara nasional semenjak 2018.

"SNARS Edisi I merupakan penyempurnaan dari penilaian akreditasi sebelumnya. Terdapat beberapa hal yang sama, namun ada juga yang telah diperbaharui," jelasnya.

Akreditasi menurut Sutarman sangat penting sebagai upaya untuk memperbaiki, serta memberikan berbagai masukan terhadap penyelenggaraan pelayanan.

Diungkapkanya bahwa tahun 2017 sumah sakit itu memberikan pelayanan rawat jalan kepada pasien sebanyak 85.145. Tahun 2018 meningkat menjadi 102.501 pasien.

"Selain rawat jalan, yang mendapatkan pelayanan rawat inap di tahun 2017 itu sebanyak 11.094 pasien, dan tahun 2018 sebanyak 10.862 pasien pula," tutupnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube