Headline News

header-int

Terus Tingkatkan Kualitas, KPU Pessel Gelar Fasilitasi Kampanye Pemilu Tahun 2019

Selasa, 13 Agustus 2019, 18:33:37 WIB - 58 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Terus Tingkatkan Kualitas, KPU Pessel Gelar Fasilitasi Kampanye Pemilu Tahun 2019

Pesisir Selatan--Untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat terhadap tahapan Kampenye Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dimulai pada 23 September 2019 mendatang, para peserta Pemilu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), selenggarakan Fasilitasi Kampanye Pemilu Tahun 2019.

Kegiatan yang digelar di Ruang Operation Room KPU Pessel Salasa (13/8) itu, dibuka oleh anggota KPU Pessel, Lili Suarni dari Divisi hukum, dengan juga didampingi Yon Baiki dari Divisi Teknis dan Hubungan Masyarakat, dan Febriani dari Divisi Partisipasi Masyarakat (Parmas).    

Lili Suarni dari Divisi Hukum KPU Pessel, mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan kepemiluan, khususnya terkait kegiatan kampanye peserta Pemilu 2019 yang difasilitasi oleh KPU, serta juga sebagai evaluasi untuk Pemilu dan Pilkada mendatang.

"Secara khusus atau spesifik, kegiatan ini juga membahas fasilitasi kampanye yang sudah dilakukan. Kemudian pada Pemilu dan Pilkada yang akan datang apakah masih akan diberlakukan pasilitasi sebagai mana sebelumnya atau tidak," katanya.  

Dia menyampaikan bahwa pada Pemilu 2019 yang sudah berlalu, KPU Pessel juga melakukan fasilitasi kegiatan kampanye bagi peserta Pemilu.

"Fasilitasi kegiatan kampanye yang dilakukan itu adalah khusus dalam hal alat peraga kempanye. Karena Pessel juga akan melakukan Pemilu pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara serentak pada 2020 mendatang, sehingga kami membutuhkan berbagai masukan dari berbagai komponen yang diundang pada kegiatan ini," ungkapnya.

Disampaikanya bahwa selain mengundang seluruh partai politik peserta Pemilu 2019, KPU Pessel melalui kegiatan Fasilitasi Kampanye Pemilu Tahun 2019 itu juga mengundang Bawaslu, Satpol PP, Kepolisian, TNI, Kesbangpol, dan insan pers.

"Berbagai masukan dan sumbang saran yang disampaikan oleh berbagai pihak yang diundang ini, akan dijadikan sebagai bahan evaluasi, dan juga kajian kedepan terkait pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang akan diselenggarakan pada 2020 nanti," ujarnya.
 
Harapan yang sama juga disampaikan, Febriani anggota KPU Pessel dari Divisi Parmas.

Disampaikanya bahwa kegiatan itu dilakukan sebagai tindak lanjut surat Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 1000/PL.01.6.SD/06/KPU/VII/2019 tanggal 10 Juli 2019, perihal Kegiatan Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019.
 
"Agar tidak ada yang merasa tertinggal, sehingga semua peserta yang diundang, diminta masukan dan berbagai sumbangsaranya. Ini kita lakukan agar Pemilu yang berkualitas sebagai mana harapan semua bisa tercapai," harapnya.

Ketua Bawaslu Pessel, Erman Wadison yang juga hadir dalam kegiatan itu menyampaikan bahwa fasilitasi kampanye pemilu presiden dan wakil presiden, DPD, DPR hingga DPRD provinsi, kabupaten dan kota,  berjalan dengan baik di daerah itu. Terutama dalam hal alat peraga kampanye.

"Saya katakan demikian, sebab kami tidak menemukan alat peraga kampanye yang difasilitasi KPU bermasalah. Yang bermasalah itu ialah alat peraga kampanye di luar itu," ujarnya.

Walau demikian dia berharap ke depan KPU lebih memberikan penekanan tentang aturan penertiban, siapa yang melakoni dan bagaimana prosesnya.

"Tujuanya agar harapan lebih baik sebagai mana disampaikan bisa tercapai maksimal," harapnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube