Headline News

header-int

Upsus-Siwab dan IB Mampu Tingkatkan Populasi Sapi di Pessel

Selasa, 20 Agustus 2019, 12:28:55 WIB - 336 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Upsus-Siwab dan IB Mampu Tingkatkan Populasi Sapi di Pessel

Pesisir Selatan--Dengan semakin tingginya permintaan terhadap daging sapi di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), pemerintah daerah setempat melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) mensikapnya melalui Inseminasi Buatan (IB).

Upaya itu dilakukan agar populasi hewan pedaging itu bisa terus ditingkatkan, dan Pessel tetap menjadi daerah sendra daging di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).  

Salah satu program yang dikembangkan untuk mempertahankan dan meningkatkan populasi itu adalah melalui kegiatan Upaya Khusus Sapi dan Wajib  Bunting (Upsus-Siwab), pada kecamatan-kecamatan yang dijadikan sebagai sentra.

Plt Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Pessel, Rusdianto, dengan didampingi Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Apatuti Hamdi mengatakan,
bahwa saat ini populasi sapi di daerah itu terdata sebanyak 86.040 ekor, yang terdiri dari 25.058 ekor jantan, dan 60.982 betina.  

Dari total jumlah sapi yang ada itu, yang merupakan sapi asli atau sapi pesisir sebesar 65 persen. Sisanya adalah sapi simental, brahman, sapi bali, limosin, sapi peranakan ongol dan sapi hasil perkawinan silang lainya.

"Agar peningkatan permintaan konsumsi tidak berpengaruh terhadap penurunan populasi, sehingga selain melakukan perkawinan secara alamai. Kita juga  memprogramkan IB bagi sapi milik masyarakat," ujarnya,

Disampaiakanya bahwa Upsus-Siwat melalui IB tersebut juga sudah dilakukan sejak tahun 2017 lalu.

Upaya itu dilakukan, sebab beternak sapi sudah dijadikan andalan oleh masyarakat Pessel dalam meningkatkan pendapatan keluarga,  disamping juga sebagai petani penggarap lahan.  

Dari itu pihaknya mengajak para peternak di daerah itu agar melakukan IB terhadap indukan sapi peliharaan.

"Saya katakan demikian, sebab memelihara sapi jenis brahman dan simental, memiliki prosfek yang bagus dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi keluarga. Dari itu kepada masyarakat peternak, diminta untuk mendatangi petugas di setiap kecamatan untuk melakukan IB. Sebab itu dilakukan secara gratis dan tidak dipungut biaya," ingatnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube