Headline News

header-int

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan Masuk Lima Besar Penilaian Tim Visitasi PPID Tahun 2021

Rabu, 03 November 2021, 11:52:27 WIB - 1610 | Kontributor : Yoni Syafrizal
 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan Masuk Lima Besar Penilaian Tim Visitasi PPID Tahun 2021

Pesisir Selatan--Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) juga masuk sebagai salah satu perangkat daerah nominasi lima besar pada penilaian Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama pemeringkatan keterbukaan informasi publik Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2021.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Disdikbud Pesisir Selatan, Yusmardi, kepada pesisirselatan.go.id Rabu (3/11) dan menegaskan bahwa penilaian itu sudah dilakukan oleh Diskominfo Provinsi Sumbar, Komisi Informasi (KI) Sumbar, dan Dinas Komunikasi dan Informatika Pesisir Selatan selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama, pada Senin (1/11) lalu.

"Karena masuk pada peringkat lima besar, sehingga Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan juga mengikuti tahapan visitasi/kunjungan langsung guna memastikan hasil pengisian dan verifikasi kuesioner dengan kondisi real di Badan Publik dan juga terkait komitmen, koordinasi, komunikasi, kolaborasi, konsistensi dan inovasi yang dilakukan," katanya.

Dijelaskannya bahwa visitasi itu dinilai langsung oleh tim penilai dari Komisioner KI Provinsi Sumbar, Arif Yumardi dan Staf sekretariat KI Sumbar, Tiwi Utami, dan Kepala Bidang IKP Sumbar, Indra Sukma.

Sekretaris daerah (Sekda) Pesisir Selatan, Mawardi Roska, ketika dihubungi pesisirselatan.go.id Rabu (3/11) menjelaskan bahwa selain Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, empat perangkat daerah lainnya yang juga dilakukan penilaian adalah Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPrPA), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil, Dinas Kesehatan, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr M Zein Painan.

"Sedangkan kategori kecamatan terdiri pula dari Kecamatan Airpura, Batang Kapas, Basa Ampek Balai Tapan, Ranah Ampek Hulu Tapan, dan Kecamatan Lengayang. Lima nagari yang juga dilakukan penilaian terdiri pula dari Nagari Bungo Pasang Salido, Kubu Tapan, Durian Seribu, Taratak Sungai Lundang, dan Nagari Koto Rawang," jelas Mawardi.

Dia berharap melalui penilaian visitasi itu, semua perangkat daerah, kecamatan, dan pemerintahan nagari di daerah itu nantinya akan semakin terbuka dan transparan dalam melakukan pelayanan publik.

"Dan ini sesuai dengan amanah Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik," timpalnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube