Headline News

header-int

Bupati Hendrajoni Dorong ASN Gunakan Batik Lumpo

Selasa, 26 Juni 2018, 11:55:15 WIB - 282 | Kontributor : Didi Someldi Putra

Pesisir Selatan, 26/6/18 - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah setempat menggunakan batik yang produksi oleh Rumah Batik Lumpo terutama pada hari Kamis karena saat itu semua ASN diwajibkan dinas menggunakan baju berbahan batik, "Batik yang produksi Rumah Batik Lumpo tidak kalah indah dengan batik-batik lainnya, untuk itu saya mendorong para ASN membeli batik produksi dalam daerah," kata bupati, Selasa (26/6).

Ia menambahkan, dengan jumlah pegawai di lingkup sekretariat kabupaten setempat yang berjumlah 1.209 orang maka akan berdampak besar terhadap perkembangan Rumah Batik Lumpo apabila semua ASN sepakat untuk membeli batik di sana, Selain batik lumpo akan semakin dikenal khususnya bagi masyarakat dalam kabupaten, kegiatan tersebut juga akan berdampak positif bagi para pegawainya.

Bahkan sebutnya tidak menutup kemungkinan Rumah Batik Lumpo akan membutuhkan tenaga kerja baru dan pastinya akan berdampak baik terhadap ekonomi masyarakat sekitar, Selanjutnya, jika semua ASN dilingkup sekretariat kabupaten sepakat membeli batik lumpo berikutnya ia mendorong hal itu diikuti oleh ASN yang bertugas di 15 kecamatan pada daerah setempat, dan seterusnya diikuti oleh jajaran guru para pelajar.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Pesisir Selatan, Suardi menyebutkan batik produksi Rumah Batik Lumpo memiliki beberapa keunggulan diantaranya dalam hal pewarnaan yang menggunakan getah dari tanaman seperti dari kulit jengkol dan juga daun gambir. Sehingga lanjutnya batik lumpo memiliki daya tarik tersendiri jika dibandingkan dengan batik lain di Indonesia.

Berkat keunikannya itu pula, pihaknya berencana mengenalkan batik lumpo pada forum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) yang digelar di Tangerang, Banten pada 6-7 Juli 2018. Melalui kegiatan itu diharapkan batik lumpo dikenal luas dan tidak menutup kemungkinan akan dilirik oleh para pemodal, "Kami telah mengunjungi lokasi pembuatan batik lumpo di Kecamatan IV Jurai, dan telah mengumpulkan informasi yang akan disampaikan di forum tersebut," katanya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube