Headline News

header-int

Carocok Painan dan Mandeh Dua Kawasan Wisata Yang Bakal Membludak Lebaran Nanti

Selasa, 22 Mei 2018, 08:16:52 WIB - 624 | Kontributor : Yoni Syafrizal

Carocok Painan dan Mandeh Dua Kawasan Wisata Yang Bakal Membludak Lebaran Nanti

Painan, 22 Mai 2018--Diprediksi pada lebaran Idul Fitri 1439 tahun 2018 nanti, dua kawasan wisata unggulan di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), yakni Carocok Painan dan kawasan Wisata Mandeh bakal ramai dikunjungi masyarakat untuk berwisata.

Bahkan pemerintah daerah (Pemda) setempat melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, mentargetkan kunjungan pada lebaran itu nanti sebnyak 100 ribu orang.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel, Mawardi Roska mengatakan kepada pesisirselatan.go.id Selasa (22/5) di Painan bahwa daerah itu masih dijadikan oleh masyarakat Sumbar dan luar Sumbar sebagai daerah kunjungan wiasata utama pada lebaran nanti.

" Ada dua kawasan wisata yang diyakini akan bakal ramai dikunjungi masyarakat untuk berwisata pada Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah tahun 2018 ini. Dua kawasan itu adalah Pantai Carocok Painan dan kawasan Wisata Mandeh di Kecamatan Koto XI Tarusan. Pada dua kawasan wisata ini, kita mentargetkan kunjungan sebanyak 100 orang selama libur lebaran, dengan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 1 miliar pula, baik pemasukan melalui tiket kawasan, maupun dari tiket berbagai permainan dan sarana yang disediakan," katanya.

Dijelaskanya bahwa target kunjungan sebesar 100 ribu orang itu akan bakal tercapai. Sebab masa liburan hari raya cukup panjang atau mencapai 10 hari.

" Agar kenyamanan bagi pengunjung yang datang juga tercapai, sehingga pengaturan parkir di beberapa kawasan wisata unggulan itu akan dilakukan pengaturanya dengan sedemikian rupa," ujarnya.

Dijelaskanya bahwa khusus bagi pengujung yang akan datang ke kawasan Wisata Pantai Carocok Painan, petugas gabungan yang terdiri dari Dinas Perhubungan, Pol PP, Kepolisian, TNI, dan juga dari masyarakat yang dipercaya, akan melakukan pemanduan terhadap lokasi dan titik-titik parkir.

" Beberapa lokasi atau titik-titik yang akan dijadikan sebagai lokasi parkir itu diantaranya, GOR Zaini Zein pincuran Boga Painan. Lokasi ini dapat dimanfaatkan bagi warga yang datang dari arah selatan Pessel. Kemudian GOR H Ilyas Yakub, kantor Bupati Pessel, Polres Pessel, Masjid  Akbar Baiturahman Painan, dan beberapa lokasi lainya," jelasnya.

Ditambahkan lagi bahwa sebagai daerah yang telah dijadikan sebagai kunjungan wisata utama di Sumbar, dia juga menghimbau dan meminta kepada masyarakat untuk saling menjaga kemanan dan ketertiban.

" Kita merasa bangga sebagai masyarakat Pessel. Sebab dari segi keamanan dan ketertiban sangat terjaga. Saya katakan demikian pada kawasan-kawasan wisata yang ada, belum terjadi kasus pencurian, baik pencurian sepeda motor, maupun lainya. Saya harap ini bisa untuk terus dipertahankan," harapnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube