Headline News

header-int

Eksportir Dukung Pengembangan BUMNag Pesisir Selatan

Selasa, 06 Agustus 2019, 13:36:45 WIB - 853 | Kontributor : Didi Someldi Putra
Eksportir Dukung Pengembangan BUMNag Pesisir Selatan

Painan - Eksportir asal Sumatera Barat siap bersinergi dengan Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) di Kabupaten Pesisir Selatan dalam upaya memanfaatkan sumber daya alam yang belum terkelola maksimal.

"Sejauh ini kami telah bekerjasama dengan BUMNag Mutiara Mandiri, Kecamatan Ranah Pesisir dalam mengelola kopra putih," kata Direktur CV Bersama Sikumbang Jaya, Hj. Syafrida Hayati, SP, M.M. ketika berkunjung ke kantor BUMNag Mutiara Mandiri, Selasa (6/8).

Kopra putih tersebut, lanjutnya diekspor ke beberapa negara mulai dari Pakistan, Bangladesh, India dan sejumlah negara lainnya di kawasan Timur Tengah.

Berikutnya jika kerja sama pengelolaan kopra putih berjalan dengan baik maka akan ditingkatkan dengan pengolahan air kelapa menjadi "Nata De Coco".

"Saat ini dalam pengelolaan kopra putih  air kelapa di buang begitu saja. Namun kedepan akan diolah menjadi "Nata De Coco"," sebutnya.

Kedepan ungkapnya, pihaknya terus membuka kesempatan kerja sama dengan BUMNag lain, dengan harapan lembaga usaha tersebut bisa mandiri, memberdayakan masyarakat serta menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Sementara itu, Direktur BUMNag Mutiara Mandiri, Riski Arif mengaku telah mengekspor kopra putih perdana bersama CV Bersama Sikumbang Jaya pada akhir Juli 2019 sebanyak 10 ton.

Melalui usaha kopra putih tersebut pihaknya mengaku telah memperkerjakan 15 orang warga setempat, masing-masing mereka memiliki tugas mulai dari membelah buah kelapa, mengupas dagingnya hingga menjemur dan lainnya.

Tidak hanya itu, usaha yang baru dirintis tersebut juga berdampak kepada pendapatan petani setempat melalui penjualan buah kelapa milik mereka.

"Kami membeli buah kelapa tidak per butir namun per kilo, satu kilogram kami beli dengan harga Rp1.200 hingga Rp1.500 tergantung kualitasnya," sambungnya.

Dengan cara itu, lanjutnya petani kelapa mendapat untung pada kisaran Rp300 hingga Rp400 per butir buah kelapa.

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube